10 Alasan Anda Larang Anak Pakai  Smartphone
Parenting

10 Alasan Anda Larang Anak Pakai Smartphone

by Pohan
Tue, 09-Jun-2015

Teknologi membuat hidup kita lebih mudah dan lebih efisien. Namun, sebagai orangtua, Anda harus kuatir dampak penggunaan smartphone pada anak. Masa pertumbuhan mereka bisa terganggu. Inilah alasannya:

1. Mengubah Hubungan Orangtua-Anak

Bagaimana komunikasi yang efektif bisa terjalin kalau si anak lebih asyik dengan smartphone? Jangan biarkan smartphone mengubah ikatan yang seharusnya ada antara orangtua dan anak.

2. Membatasi Pikiran Kreatif Anak

Anak dibombardir banyak permainan menarik di smartphone. Mereka dengan mudah tinggal klik dan menggeser layar. Kondisi ini membatasi kreativitas dan imajinasi mereka dan memperlambat motorik dan sensorik pengembangan optik.

3. Anak Kurang Tidur

Menurut penelitian, penggunaan smartphone di kamar tidur secara signifikan bisa membuat anak kurang tidur, tidur larut malam, dan kelelahan. Sementara si anak membutuhkan tidur agar otaknya beristirahat untuk kegiatan hari berikutnya.

4. Anak Kurang Waktu Belajar

Dengan smartphone, sesuatu terjadi cepat. Misalnya, lewat percakapan di situs chat, anak-anak secara spontan akan bereaksi namun anak tidak ditawarkan kesempatan untuk merefleksikan dampak dan negatif dari tindakan mereka.

5. Menghambat Kemampuan Belajar Anak

Menurut penelitian, smartphone bisa menganggu perkembangan sosial-ekonomi anak karena perhatian teralihkan. Layar interaktif perangkat tersebut juga bisa merusak perkembangan anak dari keterampilan yang diperlukan untuk matematika dan sains.

6. Jadi Sumber Kecanduan

Hal ini membahayakan perkembangan anak secara menyeluruh. Smartphone bisa menjadi sumber kecanduan. Jenis kecanduan melibatkan pikiran mereka dan menawan mereka untuk waktu yang lama, bahkan sampai dewasa.

7. Berdampak Negatif pada Kesehatan Mental Anak

Menurut para ahli, di antara penyebab depresi dan anoreksia pada anak-anak adalah penggunaan smartphone dan koneksi ke internet. Jika anak tidak diawasi, penggunaan smartphone berdampak negatif pada kesehatan mental mereka.

8. Secara Tidak Langsung Mengakibatkan Obesitas

Smartphone juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik anak. Mereka menghabiskan waktu selama berjam-jam tidak bergeming. Penggunaan teknologi secara berlebihan seperti sekarang ini menjadi faktor penyebab obesitas.

9. Mengakibatkan Masalah Perilaku

Seorang anak bisa menghabiskan hingga lebih dari dua jam per hari saat menggunakan smartphone. Ini bisa mengakibatkan masalah emosional dan sosial. Permainan yang tersedia di smartphone meningkatkan risiko masalah perhatian.

10. Desensitisasi Anak Terhadap Kekerasan

Anak-anak yang menggunakan smartphone melihat kekerasan dalam permainan dan melalui cyberbullying di situs chat. Ini desensitisasi anak-anak dan mendorong mereka untuk menerima bahwa perilaku kekerasan hanyalah sebuah cara biasa untuk memecahkan masalah. [][teks @pohanpow/lifehack.org | foto digitaltrends.com, techgale.com]