Jimmy Nelson & Ragam Suku Dunia Bagian I
Photos

Jimmy Nelson & Ragam Suku Dunia Bagian I

by Sherra
Thu, 21-Jan-2016

Jaman boleh maju dan makin modern. Namun di balik perkembangannya, kini masih banyak kehidupan masyarakat di dunia yang menjalankan adat istiadat warisan nenek moyang. Mereka hidup jauh dari dunia luar di dalam kesederhanaan yang mungkin menjadi kebahagiaan tersendiri untuk mereka. Namun, apakah mereka akan terus bertahan hingga generasi penerusnya dan dilestarikan atau tergerus zaman?

Hal itulah yang membuat Jimmy Nelson, fotografer asal Inggris membuat proyek "Before They Pass Away". Ia berkeliling dunia termasuk Indonesia untuk memotret suku-suku dengan budaya asli paling fantastis di dunia sebelum mereka punah. Pria 45 tahun ini ingin membuat dokumen fotografi estetika yang tak lekang oleh waktu.

Selain untuk dokumen foto, dengan proyek ini Jimmy Nelson mencoba menciptakan kesadaran dan pengetahuan mengenai beragam budaya dan asal usul yang menarik meliputi simbol, ritual, adat dan tradisi dari suku-suku di dunia. Di antara tahun 2010-2013 ia menyusuri lebih dari 30 suku pedalaman yang perlahan-lahan menghilang dari seluruh dunia. Setiap 2 minggu lamanya di tiap suku, ia mendekatkan diri dengan kehidupan mereka, mengikuti ritual, dan sambil memotret. Dengan kamera large format 4x5, ia menangkap foto rinci yang menampilkan perhiasan, gaya rambut, dan pakaian yang unik, serta lingkungan. Itulah unsur-unsur budaya yang paling penting untuk tiap suku.

Mungkin kita patut berterima kasih lho pada Jimmy Nelson. Ia melakukan perjalanan dari hutan hujan Papua Nugini ke Mongolia Utara lalu ke Padang Pasir Namibia untuk mendokumentasikan suku dan budayanya yang mungkin hilang sebelum kita tahu mereka ada. Apalagi ia harus melakukan pendekatan yang baik dengan semua suku tersebut hingga bersedia untuk menerima arahan Nelson dan difoto. Hasil dokumentasinya dimasukkan ke dalam situs resmi Nelson dan buku berukuran 42x59cm dengan lebih dari 500 gambar.

Nah, berikut ini adalah suku-suku asing yang dipotret Jimmy Nelson.

1. Kazakh, Mongolia