Horee...9 Desember Libur Nasional
Politik

Horee...9 Desember Libur Nasional

by Pandu
Fri, 27-Nov-2015

Pemerintah memutuskan Rabu, 9 Desember 2015 menjadi hari libur nasional. Hal ini ditetapkan resmi lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2015 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

Keputusan ini diambil agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya saat Pilkada. Tanpa terkendala persoalan jarak tempat pekerjaan calon pemilih dengan tempat pencoblosan Pilkada. 

Pertimbangan hari libur nasional untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga negara dalam menggunakan hak pilihnya, sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 25 Tahun 2015.

Keputusan ini dikeluarkan pada Senin [23/11/2015] oleh Presiden demi melancarkan Pilkada yang akan diadakan serentak pada hari tersebut. Libur nasional Pilkada ini baru terjadi tahun 2015, menimbang dari pengalaman tahun-sebelumnya, yang banyak calon pemilih gagal mencoblos karena bekerja saat Pilkada berlangsung.

Jadi, libur nasional dipilih sebagai solusi supaya bisa mengantisipasi bertambahnya Golput. [][teks @HaabibOnta/berbagai sumber | foto darkroom.baltimoresun]