7 Kelompok Teror Paling Berbahaya
Politik

7 Kelompok Teror Paling Berbahaya

by Pandu
Tue, 09-Feb-2016

Terorisme adalah realita yang mesti dihadapi oleh warga dunia karena perdamaian bisa jadi adalah mimpi para utopis. Bayangkan, para teroris itu pun melakukan teror atas alasan menegakkan perdamaian.

Perdamaian yang berusaha dibangun lewat pertumpahan darah tidak mungkin menciptakan keharmonisan. Bagaimana pun, di balik tawa kemenangan selalu ada kepal dendam untuk membalas kekalahan. Selalu begitu. Omong kosonglah perdamaian yang seperti itu. Biasanya kelompok teror yang selalu mengatasnamakan perdamaian itu dengan cara kekerasan.

Nah, berikut adalah 7 kelompok teror yang dianggap paling berbahaya di dunia. Mereka akan menumpahkan darah siapa pun untuk mencapai perdamaian.

1. ISIS

Pasca Al-Qaeda tumbang, panggung utama terorisme yang mengatasnamakan Islam seolah-olah kosong. Maka muncullah ISIS, mengobrak-abrik Syria dan Irak. Anak-anak, wanita, dan non-Muslim kena bantai. Kini mereka sedang memanjangkan tangan ke wilayah lain.

2. Boko Haram

Kelompok militan Nigeria ini mendapat sokongan dana dari Al-Qaeda. Mereka sangat melarang warganya menimba ilmu Barat. Boko Haram akan menculik, membunuh, menyiksa siapapun yang melakukan itu.

3. Taliban

Dana organisasi teror ini didapat dari penjualan opium dan manusia. Dari situ mereka bersama Al Qaeda disebut-sebut bisa mengebom menara kembar WTC pada 11 Sep 2001. Tapi banyak yang tak tahu bahwa awalnya Taliban dibentuk oleh AS untuk bertempur melawan Uni Soviet [sekarang Rusia].

4. Al Qaeda

Ciri khas kelompok ini adalah bom bunuh diri yang dilakukan oleh ‘pengantin’. Dengan caranya yang ekstrem, Al Qaeda berdalih bahwa cara ini bisa menyatukan umat Islam dan menegakkan hukum syari’ah di seluruh dunia. Tentu saja, ini pandangan yang keliru. Banyak pula umat Muslim yang menentangnya.

5. Amerika Serikat

Media massa mainstream kelas internasional, belum ada yang menyebut Amerika Serikat sebagai teroris. Padahal mereka pernah membombardir Vietnam, Irak, Afghanistan, dan mungkin berikutnya Iran. Korban Amerika Serikat selama 20 tahun terakhir lebih banyak daripada ISIS dan Al Qaeda sekalipun. Hanya negara ini yang bisa menghancurkan satu negara sekaligus.

6. Forças Armadas Revolucionárias da Colômbia [FARC]

Kelompok ini berusaha menegakkan paham komunis di Colombia. FARC terbentuk saat terjadi bentrokan antara kaum konservatif dan liberal. Semua tindakan terornya dilakukan cuma di Colombia.

7. The Lord’s Resistance Army [ LRA ]

Semula LRA merupakan gerakan untuk memakmurkan Uganda. Tapi ide itu berubah sejak mereka mulai meneror, menjual manusia, membudaki anak-anak, dan memutilasi. Antara 2008-2011, mereka diduga sudah membunuh sedikitnya 2.300 orang. [][teks @haabibonta/berbagai sumber  | foto therichest.com]