Sedikit Memahami Makna Cinta
Relationship

Sedikit Memahami Makna Cinta

by Dedi
Fri, 12-Feb-2016

Cinta adalah kata-kata yang tidak asing lagi bagi kita. Tema cinta bisa kita temui pada lagu, cerpen, novel, dan film baik di layar kaca maupun sinema.

Pada usia puber ketika seseorang mulai tertarik dengan lawan jenis dan hal itu selalu dikaitkan dengan cinta. Tapi apa sih makna cinta itu?

Pengertian cinta sulit dibedakan batasan ataupun pengertiannya, karena merupakan bentuk emosi dan perasaan yang dimiliki individu yang sifatnya subyektif. Namun cinta berdasarkan jenisnya bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

1. Cinta karena Nafsu 

Cinta yang dikarenakan emosi yang menguasai akal sehat sehingga terjadi perilaku secara spontan untuk menjawab rangsangan emosi yang berlebihan.

2. Cinta Pragmatis

Cinta yang terjadi keseimbangan antara dua orang. Ada rasa suka dan duka, serta adanya timbal balik.

3. Cinta Altruistik

Cinta yang biasanya terjadi pada seorang ibu kepada anaknya, cinta ini disertai kasih sayang yang tidak ada batasnya

Ketika kasmaran, tubuh akan memproduksi hormon Phenthylamine, efeknya terjadi peningkatan suhu tubuh, gula dan tekanan darah, denyut jantung akan lebih cepat.

Dan berikut adalah tanda-tanda yang menunjukkan adanya perasaan cinta:

» Ada Unsur Keterkaitan dan Kekaguman

Bisa dikarenakan penampilan fisik, sifat, kemampuan atau materi lawan jenisnya. Tiap orang tertarik karena hal yang berbeda-bada.

» Teringat Terus dalam Ingatan

Perasaan cinta membuat bayangan tentang orang yang dicintainya selalu ada dalam ingatan.

» Adanya Pengorbanan

Perasaan cinta menimbulkan perasaan ingin berbuat apa saja yang dapat membahagiakan dan menyenangkan orang yang dicintai

» Adanya Ketertarikan Seksual

Biasanya muncul rasa ingin selalu bertemu serta keinginan untuk bersentuhan secara fisik. [][teks @dd_sarwono/belajarpsikologi.com | foto icytales.com]