Perangi Rasa Bersalah
Relationship

Perangi Rasa Bersalah

by Hagi
Sun, 28-Aug-2016

Perasaan bersalah termasuk hal yang istimewa. Tak semua orang memilikinya bahwa perasaan bersalah menunjukkan seseorang masih memiliki rasa malu dan takut. Namun, perasaan bersalah yang berlebihan menimbulkan tekanan batin.

Jika terus dihantui rasa bersalah muncul trauma. Seseorang sampai tidak bisa menjalani hidup normal setelah mengalami kejadian tertentu. Sementara, manusia tidak luput dari salah dan dosa.

Maka, kendalikan rasa bersalahmu jangan sampai berubah menjadi putus asa. Berikut hal-hal yang perlu disimak untuk mengatasi perasaan bersalah yang berlebihan:

1. Perbuatan salah itu manusiawi. Tidak ada satu pun manusia yang sempurna dan 100% bebas dosa baik kecil maupun besar.

2. Akuilah kesalahan yang kita perbuat. Jangan pernah menutupinya. Meminta maaf kepada seseorang atas kesalahan yang kamu lakukan.

3. Jangan pernah menghakimi diri sendiri dengan berbagai perasaan bersalah. Tuhan Maha Pengampun. Lakukan perubahan.

4. Tutupi kesalahan dengan amal baik. Ibarat tabungan, berbuat dosa berarti mengurangi tabungan. Sedangkan berbuat baik adalah mengisi kembali.

5. Jadikan kesalahan sebagai pelajaran bukan kenangan. Tetap berpikir positif. Semakin kita benci dosa, semakin kuat pula kita berkeinginan menjadi orang baik. [][teks @pohanpow/belajarpsikologi.com | foto telegraph.co.uk, elsmithconsulting.com]