Mempererat Hubungan dengan Orangtua
Relationship

Mempererat Hubungan dengan Orangtua

by Sherra
Wed, 04-Jan-2017

Kamu termasuk yang punya hubungan erat dengan orangtua nggak? Syukurilah, karena banyak di luar sana yang nggak dekat dengan orangtuanya. Entah karena lagi ada masalah atau sulit untuk memulai berkomunikasi pasca konflik. Bisa juga karena faktor hape dan media sosial, yaitu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

Memiliki orangtua adalah anugrah yang sayang sekali kalau disia-siakan. Mungkin tips ini bisa membuat hubunganmu dengan orangtua kian erat.

» Ngobrol

Sederhana saja, ngobrol lebih intens bisa memberikan dampak signifikan terhadap hubunganmu dengan orangtua. Apapun yang terjadi, bicarakanlah dengan orangtuamu. Berikanlah sinyal positif di sekitar mereka. Misalnya, perlihatkan wajah yang senang saat berhadapan mereka atau ngobrol dengan mereka. Tunjukkan bahwa kamu emang peduli dengan semua tentang mereka.

» Menghormati

Di rumah dan di sekolah kita pasti selalu diajarkan untuk saling menghormati sesama. Tapi kita kadang lupa untuk menghormati orangtua sendiri. Kadang suka membantah atau nggak setuju dengan cara mereka mendidik. Kita suka merasa selalu benar. Jangan lupa, mereka pernah muda dan pernah mengalami hal yang sama dengan kita. Tentu mereka akan lebih bijaksana dan berpengalaman daripada kita. Makanya, kita patut menghormati mereka.

» Percaya

Bukan cuma terhadap pasangan, menjalin hubungan dengan orangtua itu butuh kepercayaan. Percayalah bahwa keputusan yang mereka buat adalah untuk kebaikan kita sendiri. Nantinya juga mereka bisa percaya dengan keputusan kamu kok. Membiasakan saling percaya akan mempererat hubunganmu dengan orangtua.

» Orangtua juga manusia

Iya, manusia nggak luput dari kesalahan. Mungkin saat kita kecil, kita berpikir bahwa mereka nggak pernah melakukan kesalahan. Tapi ternyata mereka juga punya emosi dan bisa melakukan kesalahan lho. Kamu harus terima fakta ini agar bisa lebih mengerti mereka. Tapi orangtua selalu melakukan yang terbaik yang mereka bisa.

» Permaafan

Sudah percaya ‘kan bahwa orangtua juga bisa melakukan kesalahan? Ingatlah, dulu waktu kecil juga pasti kita sering berbuat salah. Tapi orangtua selalu bisa memaafkan. Nah, belajarlah untuk memiliki hati yang pemaaf dan tidak pendendam. Demi hubungan kamu dan mereka.

» Kalem

Kalau sedang beragumen dengan orangtua, cobalah untuk tetap tenang. Kalau nggak? Mungkin kamu bisa mengatakan hal-hal yang akan disesali kemudian hari.  Kalem dulu, kontrol diri, lalu beritahukan perasaan kamu pada mereka. Ini akan membuat mereka tahu bahwa kamu cukup dewasa dan mereka akan lebih memperhatikan apa yang kamu katakan. [][teks @saesherra/lifehack.org | foto pixabay.com]