Menyiapkan Pernikahan dalam 3 Bulan
Relationship

Menyiapkan Pernikahan dalam 3 Bulan

by Sherra
Fri, 10-Feb-2017

Tunangan udah? Trus, gimana kelanjutannya? Yeap, saatnya mempersiapkan hari besar kamu dan pasangan. Kalau masih ada waktu 6 bulan - 1 tahun mungkin agak lebih santai. Tapi kalau cuma 3 bulan, apa bisa? Jangan merasa kewalahan dulu. Kalau kata pepatah, “If there is a good will, there is great way.”

1. Budget

Ini yang pertama kali harus disiapkan dan diperhitungkan. Kalau udah berencana menikah, harusnya udah nabung dari jauh hari. Breakdown semua keperluan pernikahan dan perintilannya. Misalnya: tempat, vendor, katering, dekorasi, dokumentasi, dan lainnya. Sesuaikan semua dengan budget. Tapi ada juga sih, paket pernikahan all-in-one yang disiapkan vendor biar nggak ribet. Jangan lupa siapkan dana lebih untuk hal-hal nggak terduga.

2. Pesan Tempat

Kalau di rumah mungkin gampang aja. Mau kapan juga jadi aja. Tapi kalau di luar, segeralah cek deh ketersediaan gedung atau tempat yang kamu mau. Apalah arti tanggal pernikahan yang udah ditentuin kalau gedung pada hari itu ternyata sudah dipesan sama calon pengantin yang lain.

3. Urus Surat

Pernikahan nggak akan terlaksana tanpa penghulu. Kalau waktunya udah dekat, segera siapkan berkas-berkasnya dan daftarkan ke KUA. Awalnya kamu harus minta pengantar ke RT dan RW tempat tinggalmu. Lalu ke kelurahan, kecamatan, dan KUA. Lebih baik tanya dulu apa saja syaratnya di KUA biar nggak ada yang ketinggalan.

4. Jadwal

Tentukan jadwal untuk survei dan booking vendor, katering, dekorasi, dokumentasi, urus surat, beli bahan jait, dan lainnya. Kalau sudah paket, paling tinggal nunggu jadwal wedding organizer untuk test food, fitting baju, technical meeting, dan lainnya. Kalau bisa, pilih paket pernikahan dari vendor yang awalnya bergerak di bidang catering. Well, supaya yakin aja kalau makanannya endes. Tapi harus tetap test food ya.

5. Bikin to-do list

Atur, catat, dan pantau proses pernikahan kamu. Bisa pakai aplikasi rencana pernikahan di hape, diketik di laptop atau dicatat di buku agenda khusus untuk persiapan pernikahanmu. Jadi apapun yang berkaitan dengan acara, catat semua di buku tersebut.

6. Jumlah Tamu

Saudara sudah pasti diundang. Setelah itu, list semua teman-teman, dari TK sampai sekarang. Contek aja dari daftar teman di media sosial. Coret nama-nama yang nggak begitu dekat. Tega sih, tapi ini ngaruh dengan porsi makanan. Ingat, kadang seperempat atau sepertiga dari yang kamu undang nggak bisa hadir. Yang penting keluarga dan teman terdekatmu memprioritaskan hari bahagiamu.

7. Souvenir & undangan

Ini juga harus segera dipesan. Jenis souvenir dan undangan bebaaas, sesuai budget aja. Pintar-pintar cari tempat yang bisa kasih hasil bagus, tapi harga terjangkau. Jangan langsung 'srek' dengan satu tempat. Coba dulu cek-cek toko sebelah.

8. Tentukan tempat bulan madu

Bulan madu adalah waktu untuk kamu bisa rileks dan "bayaran" atas semua energi dan pikiran yang udah kamu curahkan saat nyiapin pernikahan. Ingin langsung bulan madu setelah pernikahan? Rencanakanlah segera. Supaya bisa langsung pesan tiket pesawat atau kereta. Kalau mepet, nanti tiketnya keburu mahal atau sold out.

9. Sersan

Iya, semua prosesnya harus serius tapi santai. Nikmati prosesnya. Jangan lupa berdoa pada Tuhan agar segalanya dilancarkan.Good luck! [][teks & foto @saesherra]