}
Sahabat atau Teman?
Relationship

Sahabat atau Teman?

by Pohan
Wed, 24-Jan-2018

Dalam hidup ini, kita butuh teman berbagi. Setiap teman memiliki cerita perkenalan yang berbeda. Di antara teman yang kita kenal, mungkin salah satunya bisa jadi pendengar yang baik sampai kita menganggapnya sebagai sahabat.

Sahabat adalah orang yang bisa diajak berbagi suka dan duka. Ternyata, nggak semua orang menganggap sahabat dan teman itu sama. Mungkin juga hanya persoalan 'sejauh mana satu sama lain saling mengenal'. Inilah pendapat mereka [cowok/cewek] tentang sahabat dan teman:

Menurut si A:

“Teman itu cuma sekadar kenal. Sahabat itu dia pasti tau dan ngerti aku, aku tau dan ngerti dia."

Menurut si B:

"Teman buat gue, sesuai KBBI, adalah orang yang main bareng, kerja bareng, teman ngobrol-ngobrol. Sahabat, bisa jadi sama kayak gitu, tapi lebih saling mengenal watak, kepribadian, hal-hal pribadi dari satu sama lain, dan lebih gue percaya untuk cerita tentang hal-hal yang paling pribadi sekalipun."

Menurut si C:

"Teman pasti ada segan buat cerita hal paling pribadi. Sahabat, nggak ada segan buat curhat, bahkan hal yang paling pribadi sekalipun."


Menurut si D:

“Kalo gue sih sama aja, mau teman atau sahabat. Semua pasti ada batasan-batasan tertentu dalam segala hal."

Menurut si E:

"Kalo sahabat lebih lebih bantu kita buat nggak bikin kesalahan, dan bikin kita lebih baik. Kalo temen untuk main tapi belum tentu perhatian sama kita.”

Menurut si F:

"Teman mah hanya sekadar teman, biasa aja. Cerita seadanya. Kalo sahabat levelnya udah di atas teman. Kalo main atau ngomong kasar udah nggak canggung, bodo amat mau saling ngatain apapun."

Berbeda persepsi boleh, tapi kita tetap harus bisa jadi sahabat atau teman yang baik ya, Commuters! [][teks @pohanpow | foto berbagai sumber]