Bikin Buah Kering
Resep

Bikin Buah Kering

by Pohan
Fri, 02-Oct-2015

Buah kering bisa menjadi hiasan atau tambahan yang lezat dan sehat untuk granola, sereal, muffin, yogurt dan masih banyak lagi. Rumor mengatakan bahwa rasa buah kering lebih enak jika Anda membuatnya sendiri.

Cara yang paling sederhana, keringkan buah-buahan tersebut di oven. Siapkan oven listrik atau konveksi dengan suhu terkendali mulai dari 170 derajat. Ikuti langkah di bawah ini:

Langkah 1

Siapkan buah segar yang cocok untuk dikeringkan seperti apel, pir, peach, blueberry, ceri, pisang dan aprikot. Pilih yang sudah matang tapi jangan sampai terlalu matang. Cuci dan kupas buah tersebut. Buang bijinya kemudian iris dengan ketebalan yang diinginkan.

Langkah 2

Susun irisan buah dalam satu loyang. Pastikan potongannya tidak menyentuh satu sama lain. Panaskan oven sampai 170°F. Masukkan satu lembar pada setiap rak oven. Biarkan 1-1/2 inci di semua sisi baki sehingga udara dapat bersirkulasi di sekitar lembaran sementara buah mengering. Biaran pintu oven terbuka sedikit selama pengeringan dan aduk buah setiap 30 menit. Buah kering harus kenyal, tidak licin atau renyah.

Langkah 3

Setelah buah benar-benar kering [proses pengeringan bisa mencapai 4-8 jam tergantung ketebalan irisan dan kadar air buah], keluarkan nampan dari oven dan diamkan semalaman kurang lebih 12 jam sebelum Anda masukkan ke dalam wadah penyimpanan. [][teks @pohanpow/tasteofhome.com | foto suntralisfoods.com.au, gourmetfoodworld.com]