Keripik Wortel
Resep

Keripik Wortel

by Pohan
Thu, 07-Apr-2016

Tahu dong manfaat wortel? Yup sayuran ini baik untuk kesehatan mata. Enak juga dimasak jadi sayur sop. Nah, kalau pengen sesuatu yang unik, wortel bisa dijadikan cemilan keripik lho. Beberapa toko makanan ringan menjual keripik wortel atau kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk..

Bahan-bahan:

150 gram wortel segar
30 gram tepung maizena
½ sendok teh baking powder
300 gram tepung terigu
1 butir telur ayam
30 gram gula halus
1 sendok teh garam halus
75 gram gula halus untuk taburan
2 sendok teh bubuk kayu manis untuk taburan
Minyak goreng secukupnya

Cara Bikin:
1. Bersihkan dan parut wortel menjadi potongan tipis-tipis. Kemudian siapkan sebuah wadah untuk mengolah wortel.

2. Masukkan wortel parut, baking powder, tepung maizena, tepung terigu, telur, garam dan juga gula halus ke dalam wadah. Aduk sampai menjadi adonan yang agak menggumpal.

3. Giling adonan yang sudah dibuat sampai tipis dengan menggunakan gilingan mie. Lakukan penggilingan dalam dua tahap. Pertama, pada ukuran 7 dan yang terakhir gunakan ukuran 2 agar menjadi sangat tipis.

4. Setelah itu, cetak adonan yang sudah tipis tadi dengan menggunakan cetakan berbentuk ring. Jika tidak punya, bisa dipotong dengan bentuk persegi atau segi empat.

5. Sisihkan adonan yang sudah jadi. Panaskan minyak goreng dan goreng adonan yang sudah dibuat sampai kecokelatan.

6. Untuk menambah cita rasa, taburkan gula halus dan juga bubuk kayu manis yang sudah disiapkan. Jika ingin rasa asin, taburi dengan garam atau penyedap rasa lainnya sesuai selera. [][teks @pohanpow/berbagairesep.com | foto dok. foodfacts.mercola.com, freerangesnackco.com]