Yuk, Bikin Yogurt di Rumah
Resep

Yuk, Bikin Yogurt di Rumah

by Sherra
Thu, 11-Jun-2015

Emang sih, yogurt mudah ditemukan di supermarket dan tinggal dimakan aja. Tapi apakah kamu pernah kepikiran bikin sendiri di rumah? Nggak usah bingung, kamu tinggal ikuti langkah di bawah ini ya.

Bahan:
  • 946 ml susu [bisa jenis apa saja, namun jika kamu menggunakan susu “UHP" atau "UHT" maka Anda bisa melewati langkah pertama di bawah karena susu tersebut sudah dipanaskan sampai suhu yang diinginkan sebelum dikemas].
  • 1/4 sampai 1/2 cup susu bubuk tanpa lemak [opsional]
  • 1 sdm gula pasir untuk memberi makan bakteri
  • sejumput garam [optional]
  • 2 sdm yogurt jadi dengan bakteri hidup [atau bisa menggunakan bakteri yogurt kering-beku]
  • termometer dengan kisaran suhu 100 - 212ºF
Cara Bikin:

1. Panaskan susu hingga suhu 85ºC dengan menggunakan dua panci besar yang disusun. Aduk sesekali. Kalau hanya dengan satu panci, kamu harus aduk terus menerus hingga mulai berbuih [kamu bisa menggunakan segala jenis susu, namun beberapa orang mengatakan sulit untuk membuat yogurt dari susu UHP].


2. Dinginkan susu menjadi suhu 43ºC dengan merendam wadahnya dalam air dingin dan aduk sesekali.

3. Tambahkan susu bubuk tanpa lemak [optional] sekitar 1/4-1/2 cup susu untuk meningkatkan kandungan gizi yogurt. Yogurt juga akan lebih mudah mengental.



4. Semua yogurt memerlukan bakteri 'baik'. Tambahkan 2 sdm yogurt tawar yang [tanpa rasa] yang dibeli di toko atau supermarket. Pastikan yogurt ini memiliki tulisan 'kultur aktif' pada labelnya. Kamu juga bisa menggunakan kultur bakteri yang dikering-bekukan sebagai starter [tersedia di toko-toko bahan khusus atau toko online].


5. Aduk atau blender untuk mencampurkan banyak bakteri di dalamnya secara merata dalam susu.

6. Masukkan campuran susu ke dalam wadah bertutup yang bersih. Setelah didinginkan, masukkan ke dalam inkubator dengan kisaran suhu 38ºC selama 7 jam. Semakin lama waktu inkubasi, akan semakin kental dan asam yogurt yang dihasilkan. Kalau nggak punya alatnya, kamu bisa gunakan oven, rice cooker, dan kompor. Namun, kamu harus pastikan suhunya 38ºC.


7. Cobalah goyang pelan wadah yogurt untuk mengetahui apakah yogurt sudah memadat. Kalau benar-benar jadi, keluarkan dari alat pembuat yogurt dan masukkan ke dalam kulkas. Kamu bisa membiarkannya menjadi lebih asam dengan mendiamkan selama 12 jam atau lebih.

8. Saring yogurt dengan kain saringan tipis untuk agar yogurt lebih kental dan menyisakan whey, yaitu cairan encer yang berwarna kekuningan dan bisa dibuang.

9. Masukkan yogurt dalam kulkas selama beberapa jam sebelum disajikan. Yogurt akan bertahan selama 1 sampai 2 minggu.

Kamu juga bisa tambahkan perasa setelah yogurt jadi, seperti selai, sirup maple, buah segar, dengan atau tanpa sedikit gula atau madu. [][teks @saesherra/wikihow | foto wikihow]