Bikin Bumbu Kacang, Yuk!
Resep

Bikin Bumbu Kacang, Yuk!

by Pohan
Fri, 03-Jul-2015

Bumbu kacang adalah bumbu pelengkap berbagai macam menu makanan Indonesia. Sebut saja: sate, ketoprak, gado-gado, pecel, tahu petis, dll. Ada juga bumbu kacang Thailand, tapi mungkin lebih halus teksturnya.

Sebenarnya, bumbu kacang beku sudah bisa dibeli di pasar tradisional atau super market. Tapi, bumbunya jadi gitu deh. Tapi kan nggak perlu manja juga, malah kalau bikin sendiri bisa lebih tau takarannya. Yuk!

Bahan-bahan:

» 2 kg kacang tanah
» 2 buah kelapa ambil santannya dengan hasil takaran 2.000 cc [atau santan kaleng 1 kaleng ditambah air hingga jumlahnya jadi 2.000 cc]
» 2 cm jahe
» 5 siung bawang putih
» 5 sdm bawang merah goreng

Cara Bikin:

1. Goreng kacang tanah dengan minyak sampai setengah matang. Lalu, masukkan jahe dan bawang putih hingga bahan-bahan matang. Kemudian tiriskan.

2. Haluskan kacang yang sudah digoreng/disangrai bersama jahe dan bawang putih. Giling beberapa kali hingga benar-benar halus.

3. Bila ingin pedas, bisa tambahkan cabai bubuk, atau cabe merah yang sudah dibuang bijinya agar cantik tanpa biji cabenya.

4. Masak kacang halus dengan santan sampai mendidih lalu kecilkan api, masak dengan api kecil sampai keluar minyaknya dan bumbu kacang mengental.

5. Dinginkan dan simpan dalam beberapa wadah untuk sekali pemakaian. Bila disimpan dalam freezer, bumbu bisa tahan lebih lama.

Setelah jadi, bumbu kacang tersebut tinggal dihangatkan bila ingin dipakai. Oh iya, untuk pecel tinggal tambah kencur dan cabe. Sementara untuk bumbu sate tinggal tambah kecap dan bawang mentah deh. [][teks @pohanpow/griyakuliner.com | foto kijkzuidfrankrijk.com, msbuenavida.com]