Pameran Keramik Mengusung Tema Identitas
Seni

Pameran Keramik Mengusung Tema Identitas

by Pohan
Mon, 19-Oct-2015

Dalam rangka mendukung pelestarian dan perkembangan keramik di Indonesia, Unit Pengelola Museum Seni mengadakan Pameran Keramik di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta pada 16-25 Oktober 2015.

Pameran ini juga bertujuan untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap perkembangan keramik serta memotivasi para perajin keramik yang ada di kota Jakarta dan kota sekitarnya agar lebih semangat berkarya.

“Pada pameran ini masyarakat tidak hanya disuguhkan dengan karya para seniman keramik, tapi juga bisa ikut belajar membuat keramik lewat wokshop bersama tiga belas seminan,” jelas Dyah Damayanti, kepala Unit Pengelola Museum Seni Rupa.

Keramik berasal dari bahasa Yunani, Keramikos yang merupakan karya seni rupa. Dari waktu ke waktu, keramik berkembang mengikuti dunia seni rupa, baik di di Indonesia maupun dunia. Perajin keramik Indonesia pun terus meningkatkan teknik membuat keramik, baik dalam segi tema maupun bentuknya, yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Para perajin keramik makin menunjukkan eksistensinya di dalam dan luar negeri dengan membawa nama Indonesia. Tema ‘Identitas’ dalam pameran ini diambil dari perpaduan antara kata ‘Ide’ sebagai konsep dasar penciptaan dan ‘kualitas + kuantitas’ sebagai pencapaian atas eksistensi yang terus berkelanjutan.

Sebanyak tiga belas seniman turut berpartisipasi memamerkan karyanya yaitu F. Widayanto, Antin Sabodo, Ayu Larasati, Bregas Harrimardoyo, Evy Yonathan, Geofrey Tjakra, Haryo Soenggono, Lisa Sumardi, Silayana Setiadarma, Yetty V Tamsil, Ignasius Tommy, Adhy Putraka, dan Wati Karmojono.

“Kami ingin menunjukkan bahwa setiap perupa itu beda dengan karyanya yang tidak saling tiru, mempunyai ciri khas dan identitasnya masing-masing, lewat acara ini juga kami ingin menyampaikan informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang keramik kepada masyarakat khususnya generasi muda,” ungkap F. Widayanto, perupa keramik Indonesia. [][teks @pohanpow/PR | foto PR]