70 Anak Berkebutuhan Khusus Berkarya dengan Kendi
Seni

70 Anak Berkebutuhan Khusus Berkarya dengan Kendi

by Sherra
Mon, 26-Oct-2015

Sebanyak 70 anak berkebutuhan khusus berkarya dengan menghiasi keramik dalam sebuah workshop di Museum Seni Rupa dan Keramik, Jakarta, Jumat[23/10]. Mereka mendapatkan bimbingan dari para seniman keramik Indonesia, dalam rangkaian cara pameran keramik dengan tema 'Identitas', yang bertujuan melestarikan keramik di Indonesia.

Para perupa keramik berharap agar keramik dapat diterima oleh semua umur khususnya generasi muda. Keramik bukan hanya untuk pecinta seni rupa aja, melainkan untuk semua orang.


“Saya berharap suatu hari nanti anak-anak berkebutuhan khusus ini dapat mengisi pameran seperti kami. Saya yakin mereka pasti bisa. Yang mereka butuhkan adalah fasilitas, pengakuan dan dukungan” ujar Adhy Putraka, salah satu seniman keramik yang ikut berpartisipasi.

Pameran ini diharapkan dapat menjadi daya tarik buat masyarakat Jakarta, khususnya pengunjung Kota Tua agar ikut andil dan menjadi saksi mata perkembangan seni keramik. Mereka juga akan menjadi bagian dari sebuah upaya pelestarian seni dan budaya yang akan diwariskan pada generasi mendatang.

“Kami ingin menunjukkan bahwa setiap perupa itu beda dengan karyanya yang tidak saling tiru, mempunyai ciri khas dan identitasnya masing-masing, lewat acara ini juga kami ingin menyampaikan informasi dan pengetahuan sebanyak-banyaknya tentang keramik kepada masyarakat khususnya generasi muda” tutur F. Widayanto, perupa keramik Indonesia. [][teks @saesherra/ PR | foto PR]