“The Many Colors of Timor’s” di Museum Tekstil
Seni

“The Many Colors of Timor’s” di Museum Tekstil

by Sherra
Thu, 10-Dec-2015

"Festival Museum Tekstil" resmi dibuka di Museum Tekstil, Tanah Abang, Jakarta, Kamis [10/12]. Event perdana ini mengusung tema “The Many Colors of Timor’s” atau Puspa Warna Wastra Timor.

Neneng Iskandar [Wakil Ketua Himpunan Wastraprema]  dan Esti Utami [Kepala UP Museum Seni] meresmikan festival ini. Hadir juga kolektor, pemerhati dan pencinta kain, akademisi, perancang busana, dan sahabat museum. 

Pada pembukaan pameran ini ditandai juga prosesi serah terima sumbangan sebanyak 126 koleksi kain lurik dari Ahli Waris almarhum Nian S. Djoemena [kolektor kain dan juga penulis buku tentang kain Indonesia].

Koleksi sumbangan ini akan memperkaya Museum Tekstil sebagai agen pelestari budaya kain Indonesia dan sumber referensi tekstil tradisional.

Rangkaian acaranya lainnya, di antaranya: pameran kain tenun Timor berjumlah 100 helai milik pencinta/kolekor kain tenun di Jakarta, bazar wastra dan produk kriya, bincang wastra, workshop membatik gratis, serta pentas kesenian dan musik.

Rangkaian acara festival tersebut  mulai 10 hingga 14 Desember 2015.

Tenang, untuk memberi kesempatan untuk masyarakat luas dari berbagai daerah bahkan manca negara, koleksi tenun akan terus ditampilkan di Museum Tekstil hingga 3 Januari 2016.

Esti Utami berharap acara ini dapat memotivasi masyarakat berperan aktif dalam melestarikan budaya Wastra Indonesia. Jadwal buka Museum Tekstil: setiap hari kecuali Senin & libur nasional, mulai pukul 9 pagi sampai 3 sore. Harga tiket masuk: Dewasa Rp. 5.000, mahasiswa Rp. 3.000, pelajar Rp. 2.000. [][teks @saesherra/ PR | foto PR]