Desain Kemasan Kreatif
Seni

Desain Kemasan Kreatif

by Sherra
Mon, 14-Nov-2016

Coba pikir deh, kenapa kamu membeli suatu produk? Karena benar-benar butuh atau karena suka dengan kemasannya?

Itulah sebabnya, penting banget yang namanya kemasan. Harus dibuat dengan tepat dan kreatif supaya menjual dan menarik perhatian orang. kalau kamu lagi ada usaha bikin produk untuk dijual, kemasan-kemasan ini bisa jadi inspirasi. 

1. Pastikan desain kemasan menyempurnakan produk. Kemasan ini terlihat sederhana dan alami seperti yang ada di dalamnya. Konsumen pun bisa melihat isinya dengan jelas sebelum membeli. 



2. Kalau ada kesempatan untuk “bermain-main” dengan kemasan produk, coba ajaa.. Seperti kemasan ini. Menarik dan sederhana. Ada ilustrasi yang seakan-akan berinteraksi dengan produk.


3. Orang lain banyak yang bikin produk yang sama? Misalnya, banyak produk madu dengan kemasan botol kaca atau plastik, nah kamu bisa bikin kemasan beda dari biasanya. Seperti kemasan ini, terbuat dari beeswax. 


4. Nggak harus bikin ilustrasi atau grafis yang benar-benar realistis. Kalau bisa disesuaikan dengan produk, cobalah bikin elemen tekstur pada kemasan. Produk ini menggunakan ilustrasi kepala dan rambut. Dilihat sekilas mungkin nggak berarti. Tapi kalau kotak ini dibuka, pasti akan terlihat kepala dengan rambut tergerai panjang.


5. Jangan batasi diri. Memang, biasanya sabun cuma dibungkus dalam kotak. Tapi kemasan ini bikin sabun seperti buku agenda dengan karet di salah satu ujungnya. Jadi kalau sabunnya sudah terpakai pun, kotaknya bisa terpakai untuk tempat penyimpanan lain. 


6. Kalau produk dibuat dengan cara tertentu, terapkan di kemasan. Seperti kue ini. Dipanggang di oven. Jadi kenapa nggak bikin kemasan seperti oven? So playful. 

7. Bikin yang aneh. Kayak jus kotak ini. Kemasannya mirip dengan kulit buah. Ini memberi kesan kalau kita minum langsung dari buah, membuatnya tampak lebih sehat. Boleh juga nih ya.