JPAC Siap Pentaskan West Side Story
Seni

JPAC Siap Pentaskan West Side Story

by Pandu
Thu, 06-Apr-2017

West Side Story adalah drama musikal legendaris karya Arthur Laurents. Jakarta Performing Arts Community [JPAC] akan mementaskannya di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada 12-14 Mei 2017.

Drama musikal West Side Story sudah meraih lisensi Music Theatre International dari New York. Fonnyta Amran sebagai sutradaranya menyebut, cerita ini relevan dengan sikon saat ini.

“Akhir-akhir ini isu SARA kan lagi hangat. Di sana-sini terjadi isu. Lewat pentas ini, kami ingin mengajak penonton untuk menolak segala kekerasan dan diskriminasi,” terangnya, di IFI [4/4].

West Side Story bercerita tentang Tony dan Maria yang berasal dari dua keluarga geng yang berseteru. Cinta mereka yang tidak disetujui berujung pada tragedi. Kisah ini diadaptasi dari cerita Romeo dan Juliet karya Shakespeare yang sudah disesuaikan dengan New York tahun 1957.

JPAC sudah berlatih dua bulan belakangan untuk pentas ini. Ada 49 pemain dan 40 kru yang ikut berkontribusi. Sebagai catatan, JPAC terbuka untuk umum serta bersifat nirlaba.

Rio Rahmansyah, President of JPAC mengatakan, pentas ini perlu ditonton untuk menunjukkan bahwa perbedaan tidak seharusnya memicu konflik serta refleksi untuk bisa saling memahami satu sama lain.

Sejak dibentuk tahun 2014, JPAC sudah memproduksi 7 pentas. Dari semua itu, sebagian hasil keuntungan penjualan tiket didonasikan. Untuk pentas ke-8 nanti, JPAC akan akan memberikan donasi pada Theatre For Life Depok. [teks & foto @haabibonta]