JPAC Produksi Drama Berlisensi Internasional
Seni

JPAC Produksi Drama Berlisensi Internasional

by Pandu
Sun, 14-May-2017

Jakarta Performing Arts Community [JPAC], komunitas teater musikal memproduksi sandiwara West Side Story di Graha Bakti Budaya, TIM. Ini adalah kisah legendaris tentang drama percintaan antara Tony dan Maria.

WSS diadopsi dari kisah Romeo & Juliet, tapi dengan nuansa Amerika tahun ‘50-an. Ketika banyak mafia dan genk yang baru tumbuh. Tony dari Jets dan Maria dari Sharks saling jatuh cinta. Tapi justru menimbulkan polemik, karena dua kelompok saling berseteru. Akibatnya benturan antar dua kelompok tidak bisa dielak.

Drama musikal ini dimainkan oleh 49 orang ditambah sekitar 50 kru. Luar biasanya, JPAC adalah komunitas teater amatir. Tapi pertunjukan ini mendapat lisensi langsung dari Music Theatre International [MTI] pertama di Indonesia oleh komunitas teater lokal international.

Para pemain yang terlibat di produksi ini, bukanlah seorang professional yang mendalami dunia teater sebagai penghasilan. Biar begitu, energi dan hasrat yang mereka salurkan di setiap babak terasa sampai bangku penonton. Layaknya pemain berpengalaman.

“One hand, one heart” adalah babak terbaik antara Tony dan Maria. Elhaq Latief & Chezia Atmadja seperti benar-benar kekasih di atas panggung. Para penonton bisa merasakan ikatan keduanya.

“Yang tersulit adalah mengatur jadwal kami semua karena punya kesibukan masing-masing. Bayangi 49 orang, dari yang latihan seminggu dua kali sampai jadi setiap hari. Sulitnya bukan main,” terang Alex, produser drama ini.

“Kami memilih cerita ini untuk diproduksi sebagai refleksi kejadian setahun belakangan di tanah air yang penuh isu SARA. Lewat cerita ini kami menolak segala bentuk kekerasan dan diskriminasi,” sebut Alex.

Perlu waktu delapan bulan untuk JPAC bisa mematangkan WSS. Dimulai dari pengkonsepan, pencarian dana hingga audisi pemain. “Butuh pemain yang spesifik untuk cerita ini. Karena ia dituntut untuk bisa nyanyi, dancing dan akting. Nggak bisa salah satu aja,” tambah Alex.

JPAC akan menggelar drama West Side Story selama 12-14 Mei di Graha Bakti Budaya, TIM. Ini adalah produksi ke delapan drama musikal JPAC. Oleh mereka hasil penjualan tiket produksi ini akan diberikan untuk donasi ke Theatre For Life di Depok. [][teks & foto @haabib_onta]