}
Menjelajahi Koleksi Museum MACAN
Seni

Menjelajahi Koleksi Museum MACAN

by Intern 2
Mon, 12-Mar-2018

Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara --atau yang lebih dikenal dengan Museum MACAN-- merupakan suatu institusi yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern serta kontemporer Indonesia dan internasional.  

Dipelopori kolektor seni sekaligus pengusaha asal Indonesia Haryanto Adikoesoemo, mengumpulkan dan menghimpun koleksi-koleksi museum ini perlu waktu hingga 25 tahun. Dengan tujuan mengedukasi masyarakat mengenai seni kontemporer higga seni modern dari dalam dan luar negeri.

Pada pameran perdana ini Museum MACAN mengangkat tema “Seni Berubah, Dunia Berubah”, dari 800 karya yang sudah dikumpulkan selama 25 tahun, Haryanto Adikoesoemo dibantu dua kurator yaitu Agung Hujatnika [Agung Hujatnikajennong] dan Charles Esche, melakukan pemilihan karya seni yang tepat untuk tema kali ini. Hingga akhirnya terpilihlah 92 karya seni yang dipamerkan ada pameran kali ini.


Pameran ini dibagi atas 4 bagian yang meliputi Bumi, Kampung Halaman, Manusia; Kemerdekaan dan Sesudahnya; Pergulatan Seputar Bentuk dan Isi; dan Racikan Global. Museum ini benar-benar menunjukan perubahan gaya seni dari masa lalu hingga sekarang. Tak hanya lukisan saja yang ditampilkan, beberapa seni instalasi pun turut andil dalam pameran ini.