Yuk, Ikutan Gerakan #SaveRupiah
Social

Yuk, Ikutan Gerakan #SaveRupiah

by Yogira
Tue, 13-Oct-2015

Syukurlah nilai tukar rupiah terhadap dollar baru-baru ini menguat lagi. Sebelumnya, dikuatirkan, rupiah terus melemah karena kuatnya dollar.

Kita berharap rupiah terus menguat ke titik serendah-rendahnya. Tapi itu akan sulit tercapai kalau kita sebagai bagian dari bangsa tercinta ini nggak peduli.

Nah, baru-baru ini para netizen sedang gencar ikut berusaha menyelamatkan rupiah dari keterpurukan melalui gerakan #SaveRupiah yang tersebar di media sosial.

Kamu pengin berpartisipasi pada gerakan #SaveRupiah? Berikut beberapa caranya:

» Lebih memilih makanan dan minuman khas Indonesia, ketimbang bergaya Amerika, misalnya beli kue pancong, kerak telor, serabi, bajigur atau wedang ronde. 

» Lebih memilih produk lokal ketimbang buatan luar negeri. Misalnya, lebih memilih beli baju batik atau barang elektronik buatan Indonesia yang kualitasnya bagus.

» Berwisata di dalam negeri ketimbang menghamburkan uang ke luar negeri. Banyak kok tempat wisata menarik di Indonesia. Orang bule aja senang traveling di Indonesia.

» Memperkenalkan produksi Indonesia ke dunia via media sosial. Cara ini bisa membantu menaikan produk-produk ekspor ke luar negeri. Misalnya, kita perkenalkan baju batik, kopi luwak, tempe, dll.

» Menabung di bank domestik, ketimbang bank kelas dunia. Banyak bank luar negeri yang membuka cabang di Indonesia. Kalau kita menabung di bank tersebut, itu sama kita membantu penyimpanan investasi buat mereka.

» So, lebih baik pilih berinvestasi di bank-bank milik BUMN atau bank swasta yang pemilik sahamnya mayoritas orang Indonesia.

Nah, cara-cara itu bisa kita lakukan secara serentak alias kompak dan dilakukan secara masif. Contohlah Jepang. Mereka pernah mengalami krisis seperti itu, tapi akhirnya berhasil dengan tidak membeli produk asing. [][teks @firza I foto wikimedia.org,kemenkopmk.go.id]