Apa Itu Virtual Office?
Social

Apa Itu Virtual Office?

by Yogira
Mon, 23-Nov-2015

Pada zaman digital gini, Anda bisa punya kantor dengan ngirit biaya operasional. Coba aja dengan Virtual Office.

Apa itu virtual office? Sebutan lain virtual office adalah perkantoran maya. Dengan virtual office, urusan kantor bisa dijalankan secara online. Virtual office termasuk aplikasi komersial, yang pertama kali digagas Ralph Gregory tahun 1994 di Colorado, Amerika.Sejak saat itu, virtual office pun kian berkembang pesat di seluruh dunia karena dinilai efektif menghemat biaya usaha dan administrasi perkantoran.

Orang yang punya virtual office tidak harus punya kantor dalam bangunan fisik. Anda cukup menyewa alamat penyedia virtual office, yang bisa membantu menerima email, telefon, fax, dan dokumen kiriman.Pada alamat virtual office yang dipilih, biasanya tersedia juga resepsionis jarak jauh, asisten virtual, call center, dan database untuk penyimpanan dokumen.

Di kota besar seperti Jakarta, Bandung,dan Surabaya, sudah ada beberapa penyedia virtual office. Mereka pun menyediakan ruang meeting berikut perlengkapannya. Ruang meeting tersebut bisa sekali-kali digunakan oleh penyewa virtual office sesuai kesepakatan dalam memilih jadwal pemakaian ruang. Toh, untuk meeting tidak setiap hari kan?

Ada beberapa jenis usaha yang cocok memanfaatkan virtual office, di antaranya: home industry, akuntan, pengacara, toko online, bisnis konsultan, real estate, dan dokter/terapis.

Sebelum memutuskan menggunakan virtual office, Anda harus pertimbangkan dulu pemilihan lokasi, fasilitas yang didapat, konsep perusahaan, jasa asistensi, kepegawaian, dan harga sewa. [][teks @firza/wikipedia.com, maxmanroe.com, berbagai sumber | foto doniss.abatasa.co.id, blog.portalexamedeordem.com.br]