Asal Mula  Sebutan Kost
Social

Asal Mula Sebutan Kost

by Pohan
Mon, 06-Apr-2015

Kost atau indekost dikenal sebagai jasa yang menawarkan kamar atau tempat tinggal dengan jumlah pembayaran tertentu untuk setiap periode. Tahukah kamu dari mana sebenarnya kata "kost"?

Kata kost merupakan turunan kata dari frasa bahasa Belanda "in de kost" yang artinya "makan di dalam". Apabila dijabarkan secara harfiah, frasa tersebut berarti "tinggal dan ikut makan" di dalam rumah tempat menumpang tinggal.

Pada zaman kolonial Belanda, in de kost merupakan gaya hidup populer di kalangan menengah ke atas untuk kaum pribumi. Sebagian kalangan mengagung-agungkan budaya Barat/Eropa, khususnya Belanda. Tren tersebut diharapkan agar anak keluarga pribumi bersikap dan berperilaku layaknya bangsa Belanda atau Eropa yang saat itu dianggap lebih terhormat.

Dulu, orang-orang yang bukan orang Belanda dan berpandangan non-tradisional menganggap anaknya perlu bersikap seperti  orang Belanda. Keluarga pribumi rela membayar sejumlah uang kepada orang Belanda sebagai jaminan anak-anaknya bisa tinggal di rumah orang Belanda sesuai syarat dan ketentuan agar menjadi anak angkat orang Belanda.

Selama tinggal dengan orang Belanda, anak pribumi tetap bersekolah dan belajar menyesuaikan diri dengan gaya hidup keluarga tempat ia menumpang. Intinya sih si anak mengadaptasi dan meniru budaya hidup orang Belanda namun jadi mampu hidup mandiri. Zaman sekarang istilahnya "homestay".

Seiring perkembangan zaman, in de kost berubah konsep. Sekarang orang lebih mengenalnya dengan sebutan kost. Jasa kost biasanya diperuntukkan bagi pelajar/mahasiswa yang belajar di luar kota. Berbeda dengan rumah kontrakan, kost hanya menawarkan sebuah kamar untuk tinggal dengan harga sewa tertentu pada setiap periode.

Meneladani asal mula in de kost,  berarti anak kost adalah pribadi yang mandiri. Dengan kata lain, kost sebenarnya bisa jadi titik awal perubahan ke arah yang lebih baik. Meski begitu,  pergeseran tren In de kost diikuti oleh evolusi nilai sosial dan budaya dalam interaksi kehidupan pada masing-masing pihak penyedia jasa kost dan orang yang membutuhkan jasa kost. 

Jadi inget lagu P-Project nih, “Nasib Anak Kost”. [][teks @pohanpow | foto dok. id.wikipedia.org, rumahdijual.com]