10 Chinatown Terbaik Dunia
Social

10 Chinatown Terbaik Dunia

by Yogira
Mon, 08-Feb-2016

Orang Tionghoa menyebar ke pelosok dunia. Uniknya, mereka memberikan cirikhas tersendiri pada setiap kota yang ditempatinya dengan membangun area Chinatown atau di Indonesia dikenal dengan nama Pecinan.

Di banyak negara, Chinatown menjadi penanda komunitas Tionghoa. Banyak wisatawan yang datang ke sini karena keunikan budayanya, apalagi saat Tahun Baru China, pastinya di Chinatown banyak acara meriah, bertabur seni tradisi.

Nah, dari sekian banyak Chinatown, ada 10 tempat terbaik di dunia, menurut versi insightguides.com. Apa saja ya?

1. San Fransisco

foto loveyourdash.com

Chinatown di kota ini mencakup 24 blok persegi dan kawasan Pecinan terbesar kedua di luar Asia [New York yang pertama]. Yang jadi cirikhas area warga Tionghoa di sini adalah gang-gang kecil, warung teh, kuil yang eksotis, restoran, dan bank-bank China. Tak ketinggalan, wisatawan yang berkunjung bisa bertemu dengan peramal nasib, yang biasanya berada di restoran.

2. Bangkok

foto bangkok.com

Nah, Chinatown di ibukota Thailand ini, yang paling ngetop berada di kawasan Chao Praya. Pecinan di Bangkok terbilang tua karena sejak 200 tahun lalu area ini jadi pusat perdagangan emas. Di sini juga terdapat objek wisata Candi Tao dan patung budha emas seberan 5 ton.

3. Toronto

foto en.wikipedia.org

Kota di Canada ini pun punya Chinatown terbaik, tepatnya di jalan sebelah Barat Dundas dan di Utara Spadina. Namun, Chinatown asli sebenarnya ada di daerah Queen dan Bay. Yang paling asyik dikunjungi ke sini adalah restoran dan toko, yang dibuka hingga larut malam. Begitu banyak toko buah dan sayuran di kawasan ini.

4. London

foto en.wikipedia.org

Kawasan Leicester dan Old Cumpton Street adalah jalan utama Chinatown London. Pecinan ini mulai berkembang sejak tahun 1950. Yang jadi cirikhasnya, di beberapa sudut lokasi, pengunjung bisa menemukan banyak box telepon yang beratap menyerupai pagoda mini.

5. Manila

foto gannet39.com

Ibukota Filipina ini termasuk berpopulasi keturunan Tionghoa terbesar dan tertua di dunia. Sejak didirikan tahun 1694, Chinatown Manila dihuni sekitar 1 juta orang. Yang jadi cirikhas Pecinan ini adalah: toko furnitur, perhiasan, apotek tradisional, dan restoran.

6. Singapore

foto singapore-guide.com

Aneh juga sih, penduduk Singapore yang mayoritas orang Tionghoa memiliki Chinatown. Tapi ini dapat ditelusuri bahwa dulu pada masa Raffles berkuasa, perkampungan China di Singapore sengaja dibangun untuk menempatkan warga yang rasnya berbeda. Sekarang, orang yang tinggal di Chinatown Singapore melonjak tinggi. Restoran, toko obat herbal, dan pasar barang langka bisa ditemukan di sini.

7. New York

foto en.wikipedia.org

Termasuk Pecinan tertua di Amerika, yang mulai berkembang sejak tahun 1870-an. Bahkan, Chinatown di kota ini dianggap terbesar dunia di luar Asia. Meskipun sekarang suasana Pecinannya sedikit memudar, masih banyak wisatawan berbelanja di sini. Yang paling banyak datang terutama saat tahun baru China.

8. Paris

foto blog-trendy.letudiant.fr

Ibukota Prancis ini pun memiliki Chinatown keren. Lokasinya di antara perbatasan Avenue d'Italie dan Avenue d'Ivry. Wilayahnya dikelilingi gedung pencakar langit. Yang terkenal di sini adalah toko-toko cinderamata antik, butik pakaian, dan restoran China, Thailand, serta Vietnam.

9. Vancouver