Qlue, Aplikasi Pantau Jakarta
Social

Qlue, Aplikasi Pantau Jakarta

by Pohan
Fri, 17-Apr-2015

Kamu warga Jakarta yang doyan pake HP Android? Yuk dukung program "Jakarta Smart City" dengan cara men-download aplikasi Qlue. Fungsinya, agar kita bisa mengetahui segala kejadian di sekitar Jakarta. Untuk mengakomodasi konten Qlue, tersedia aplikasi Cepat Respons Opini Publik [CROP] yang hanya diperuntukkan bagi aparat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan aparat Kepolisian. Perancang dua aplikasi ini adalah developer lokal, TerralogiQ.  

Mengadopsi bentuk jejaring sosial, Qlue nggak cuma aplikasi satu arah. Warga dapat menyampaikan aspirasi pengaduan secara real-time, melaporkan semua kejadian di sekitar, serta mem-follow teman-teman, layaknya jejaring sosial lain.

Laporan yang bisa disampaikan tidak hanya teks tetapi juga foto. Kemudian laporan dipetakan secara digital dan terintegrasi dengan dashboard smartcity.jakarta.go.id.

Sedangkan CROP merupakan aplikasi yang hanya bisa diunduh dan diinstall oleh seluruh aparat Pemprov DKI di smartphone mereka, terutama lurah dan camat. Alur pelaporan dimulai dari postingan di Qlue, kemudian sampai ke Pemerintah Pusat, dan dari Pemerintah baru disalurkan ke lurah dan camat melalui CROP.

Rencananya, Qlue maupun  CROP bisa digunakan pemakai iOS dalam waktu dekat. Semoga bisa terealisasi dengan baik ya! [][teks @pohanpow/selular.id | foto dok. play.google.com, radar-indo.com]