12 Kota dengan Lalu Lintas Terpadat
Social

12 Kota dengan Lalu Lintas Terpadat

by Pohan
Mon, 09-May-2016

Jakarta bukan satu-satunya kota dengan lalu lintas yang padat di dunia. Ternyata luar negeri yang kita anggap lebih baik juga mengalami hal yang sama:

1. Bangkok [Thailand]: Salah satu alasannya karena orang kelas menengah terus bertambah. Menurut senior traffic expert TomTom, Nick Cohn, "Orang-orang hanya ingin berkendara karena itu semacam simbol status.”

2. Istanbul [Turki]: Perjalanan yang biasanya menghabiskan waktu 30 menit menjadi satu jam pada malam hari.

3. Mexico City [Meksiko]: Terkenal dengan lalu lintas yang mengerikan. Menurut Cohn, alasan terjadinya kepadatan lalu lintas adalah faktor ekonomi.

4. Moskow [Rusia]: Pengemudi bisa menghabiskan waktu hingga 57 menit dari biasanya 30 menit saja. Ibukota Rusia ini juga dikenal sebagai kota dengan lalu lintas kelima terburuk di dunia secara keseluruhan.

5. Saint Petersburg [Rusia]: Kota sejuta pesona ini memiliki istana, gereja dan museum kelas dunia. Kemacetan lalu lintas menurun 4% sejak tahun lalu, namun Saint Petersburg masih bertengger di daftar ini.

6. Bucharest [Rusia]:  Bucharest masuk pada daftar ini mungkin mengejutkan beberapa orang, tapi masuk akal bagi pengendara di kota ini. Rata-rata perjalanan lalu lintas pada malam hari tertunda 26 menit.

7. Chongqing [China]: Penduduk di kota ini terpaksa menanggung ekstra waktu, total 191 jam lalu lintas padat setiap tahun.

8. Shenzhen [China]: Pada 1980-an, Shenzhen adalah kota di China pertama yang ditunjuk Zona Ekonomi Khusus. Ledakan ekonomi besar-besaran mengakibatkan masalah lalu lintas yang pelik. Tahun lalu, kemacetan meningkat 3%, menurut versi TomTom.

9. Guangzhou [China]: Di sini, mobil adalah raja baru. Bukti terbaru? perjalanan sepeda di seluruh China telah turun 50%, kata Cohn.

10. Zhuhai [China]: Pengemudi menghabiskan rata-rata 30 menit perjalanan dengan tambahan 25 menit selama jam sibuk pada malam hari.

11. Los Angeles {Amerika Serikat]: Mengemudi di sepanjang pantai Pasifik adalah salah satu yang paling indah di AS. Namun, menurut TomTom, L.A. kota yang terburuk dalam daftar jam sibuk lalu lintas, diikuti Seattle, San Jose, San Francisco dan Houston.

12. Chengdu [China]: "Mereka sangat canggih dalam hal manajemen lalu lintas," kata Cohn. "Tapi mereka memiliki begitu banyak pertumbuhan dalam hal kepemilikan mobil. Itu berarti sangat sulit untuk menjaga kemacetan.” [][teks @pohanpow | foto cnn.com]