Senior & Junior
Social

Senior & Junior

by Dewi
Fri, 12-Aug-2016

Hai Bapak, Ibu, terimakasih ya sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Kita ngobrol yuk..

Bagi Anda yang bekerja kantoran, kemungkinan saat ini Anda sudah masuk kategori karyawan senior di perusahaan tempat Anda bekerja ya. Pekerjaan dan rutinitas yang sudah dilakukan bertahun-tahun, rekan kerja yang sudah seperti keluarga sendiri, bahkan saya yakin penjaga kantin dan warung sekitar kantor pun sudah akrab sekali dengan Anda. 

Sepanjang masa kerja Anda, pastinya juga sudah banyak junior yang bergabung di perusahaan. Semakin lama, semakin jauh rentang usia mereka dengan Anda, pasti. Yang baru-baru ini masuk usianya bisa jadi sama dengan anak Anda. Tapi itu jangan membuat Anda jadi menjaga jarak sama mereka. Apalagi hanya karena alasan "nggak nyambung". Justru manfaatkan gap yang ada untuk keuntungan Anda..

Untuk apa? Berbagi pengetahuan. Jujur aja, kadang Anda merasa sulit beradaptasi dengan teknologi dan istilah jaman sekarang kan? Nah, dari juniorlah Anda bisa belajar. Anda juga bisa membagi pengetahuan yang Anda miliki berdasarkan pengalaman kepada mereka. Ilmu Anda digabung dengan ide segar junior Anda, hasilnya akan luar biasa.

Agar Anda bisa bergaul dengan junior, pelajari cara mereka berkomunikasi. Kenali semua aplikasi masa kini yang mereka pakai berikut istilah yang sering dipakai. Seperti LOL [laugh out loud], YOLO [you only live once], dll. Perhatikan juga apa topik obrolan menarik bagi mereka. Lalu terapkan semua itu dengan mereka. Tapi jangan berlebihan juga, nanti malah aneh, hehehe..

Bisa juga sesekali ajak junior Anda untuk hang out. Manfaatkan waktu tersebut untuk belajar lebih banyak lagi darinya dalam suasana santai. Namun hati-hati, jika junior Anda berbeda jenis kelamin dengan Anda, ya jangan pergi berdua aja ya..

Jadi Bapak, Ibu, nggak ada salahnya bergaul akrab dengan junior. Lagipula jika suatu saat nanti, karena satu dan lain sebab, junior Anda menjadi atasan, Anda tak ingin tersingkir kan? [][teks @tantedow/time.com | foto usnews.com & businessinsider.com]