Empat Tipe Kepribadian
Social

Empat Tipe Kepribadian

by Dewi
Mon, 29-Aug-2016

Manusia pada dasarnya terbagi atas 4 tipe kepribadian. Tapi sebelum membahas itu, perlu diketahui bahwa kepribadian terbentuk dari karakter dan temperamen. Apa sih bedanya?

Karakter adalah yang terbentuk berdasarkan pengalaman. Contohnya kebiasaan dan nilai-nilai yang diajarkan ortu, norma dalam masyarakat tempat kita tinggal, apa yang keluarga kita anggap normal, lucu, atau bahaya, dll. Sedangkan temperamen adalah kecenderungan secara biologis yang didapat dari ortu. Caramu merasa dan berpikir, yang sudah terbawa sejak kanak-kanak.

Sejak zaman Yunani kuno, dipercaya terdapat 4 tipe kepribadian yang menjelaskan bagaimana kita berpikir, merasa, dan bertingkah laku.

1. Sanguine

Orang dengan kepribadian ini biasanya spontan, antusias, optimis, berenergi tinggi, tahan banting, suka hal baru, impulsif, dan kepo-an. Tipe sanguine biasanya sangat ekspresif saat bercerita dan merupakan teman yang bisa diandalkan untuk membunuh kebosanan karena dia sangat kreatif. Mereka juga risk taker, berani mengambil risiko untuk melakukan semua yang diinginkannya. Mudah beradaptasi sehingga dapat melakukan berbagai peran. Dan katanya sih, tipe sanguine ini juga sangat menyukai kemewahan..

2. Phlegmatic

Memiliki kemampuan untuk membaca ekspresi wajah dan bahasa tubuh orang lain. Menghubungkan fakta yang ada dengan kondisi yang terlihat. Selain sangat imajinatif, tipe phlegmatic memiliki empati yang tinggi sehingga sangat senang berkontribusi kepada masyarakat. Tipe phlegmatic ini senang berinteraksi dan menjalin hubungan intens dengan orang lain, tapi sayangnya kegemaran ngobrol ini buat sebagian orang bisa jadi dianggap "gengges".

3. Choleric

Lebih banyak dimiliki pria. Tegas, fokus, terus terang, analitis, berpikir logis dan strategi. Tipe choleric sangat fokus pada pekerjaannya. Sedikit bicara, banyak bekerja. Cepat membuat keputusan dan bertindak. Mereka biasanya memiliki rahang persegi, serta tulang pipi dan dahi yang tinggi. Wanita tipe ini sangat jarang dan biasanya sering membuat pasangannya frustrasi karena susah sekali untuk ketemuan.

4. Melancholic

Pria dan wanita tipe ini biasanya setia pada keluarga dan teman-temannya. Dan sangat menjunjung tinggi norma dalam masyarakat. Mereka cenderung kalem, percaya diri, suka rutinitas dan membuat rencana, makanya nggak suka hal-hal yang tak terduga. Mereka ingat pada detail seperti tanggal-tanggal ulangtahun atau perayaan, cerita tentang tetangga atau teman mereka, dll. Nah sebagian dari mereka sulit sekali dihentikan saat sedang melakukan atau menyukai sesuatu, makanya banyak yang suka menumpuk barang dengan alasan sentimentil.

Mungkin saja terjadi percampuran beberapa kepribadian dalam diri seseorang, kebanyakan sih dua ya. Jadi jangan bingung kalo saat membaca tadi kamu merasa cocok dengan lebih dari satu tipe.. [][teks @tantedow/askwomennet.com | foto efdreams.com & brit.co]