The Power of "Ngobrol"
Social

The Power of "Ngobrol"

by Dewi
Mon, 05-Sep-2016

Kedengarannya sepele. Ngobrol. Semua orang, yang bukan pendiam akut, pasti bisa dan suka ngobrol. Nah untuk yang merasa kesulitan untuk ngobrol, pelajarilah tekniknya sekarang juga. Karena apa? Ngobrol adalah esensi penting dalam dunia usaha, dunia kerja, bersosialisasi, PDKT [sama calon pacar, calon mertua, calon klien].

Kita belajar ngobrol dari kecil. Saat masuk sekolah pertama kali, ibu dan guru kita pasti bilang “Ayo sana kenalan sama teman-temannya..” Kenalan yang dimaksud pastinya bukan sekadar say hi dan sebut nama. Anak yang di rumahnya terbiasa berkomunikasi akan lebih mudah membangun percakapan. Obrolan akan mengalir begitu aja, entah tentang mainan atau bekal yang dibawa.

Begitu juga saat dewasa. Kita bertemu kenalan-kenalan baru di sekolah, di tempat gaul, di organisasi. Bayangkan, dunia tanpa ngobrol. Gimana caranya sebuah proyek tugas sekolah bisa selesai, atau sepasang manusia bisa jadi suami-istri kalo nggak dimulai dari obrolan perkenalan kan?

Sesuai artinya, yaitu bercakap-cakap, beri juga kesempatan lawan ngobrolmu bicara ya. Jadi, jangan mendominasi. Di sinilah kamu mengasah kemampuan kamu untuk mendengarkan. Salah satu manfaat ngobrol, yang kata banyak orang “ngalor ngidul”, dengan mendengarkan teman ngobrolmu kamu mungkin aja mendapatkan informasi yang kamu butuhkan. Pernah liat boss-boss ngobrol di sebuah café? Nah, dari situ biasanya mereka mendapatkan informasi penting atau keputusan yang mungkin sulit didapat.

Di jaman “gadget-an” sekarang ini, menurut saya, semakin membuat kamu wajib menguasai ilmu ngobrol. Ngobrol di gadget boleh aja. Tapi saat kamu mulai kerja di sebuah perusahaan atau baru aja jadi anak kost, PDKT dengan teman-teman kerja baru atau ibu kost hanya bisa dilakukan dengan ngobrol langsung. Supaya kamu bisa tau berita dan perkembangan di sekitar kamu atau tau kapan ibu kost yang baik hati masak soto yang terkenal enak banget.

Dan siapa yang tau sih kapan kamu ketemu seseorang yang “meant to be yours”? Pulang kuliah, hujan deras, neduh, sesekali ngobrol dengan orang yang neduh bareng… Yaaaaa siapa tau, ya kan? [][teks @tantedow/lifehack | foto huffingtonpost.com & dailymail.co.uk]