Apakah Anda Pengendara Motor Seperti Ini?
Social

Apakah Anda Pengendara Motor Seperti Ini?

by Sherra
Wed, 06-May-2015

Siapa nggak kenal Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo? Mereka adalah pembalap motor berprestasi. Nah, kalau pengendara motor seperti ini, malah akan dibenci orang.

1. Lewat trotoar
Kalau motor bisa jalan kaki sih, sah-sah aja lewat trotoar. Hayo, siapa yang seenaknya naik motor lewat trotoar yang jelas-jelas haknya pejalan kaki?

2. Berhenti di depan garis putih saat lampu merah

Banyak banget nih ditemuin di jalan. Duh.. lagi-lagi pejalan kaki dirugikan.

3. Lewat jalur TransJakarta
Jelas banget jalur busway itu untuk TransJakarta. Entah mengapa pengendara kayak ‘gini nggak merasa dosa lewatin jalan yang dilarang.

4. Nggak ngasih lampu sein
Jangan cuma gebetan aja yang dikodein ya. Keselamatan juga perlu pakai kode. Nggak mau ‘kan kalau sampai ‘disemprot’ orang?

5. Nggak jaga jarak
Hubungan jarak jauh aja bisa, masa jaga jarak dengan pengendara lain nggak bisa? 'Kan bahaya.

6. Langgar lampu merah
Apakah kini lampu merah artinya boleh jalan? Atau memang yang melanggarnya sudah buta warna?

7. Nglakson saat lampu lalu lintas baru menyala kuning atau hijau
Ini contoh pengendara yang nggak sabar. Pengendara lain juga menunggu hingga jalurnya aman 'kan?

8. Jalan tidak sesuai jalur
Nah, kalau mau belok kanan, jangan ada di kiri, begitu pun sebaliknya. Apalagi sampai nyalip tiba-tiba, itu cuma bikin gara-gara dan bahaya saja.

9. Berponsel sambil berkendara
Berkendara atau main sirkus? Kalau mau angkat telepon atau kirim pesan, lebih baik minggir dulu supaya pengendara lain nggak terganggu.

10. Knalpot racing
Selain bising, bunyi yang ‘gengges’ itu mengganggu fokus pengendara lain. Pake knalpot bising sambil kebut-kebutan, manfaatnya apa sih? Keren nggak, dibenci orang iya.

11. Merokok
Selain asapnya mengganggu, abunya bisa terbang dan kena mata orang. Apalagi saat buang puntung rokok, jangan main asal lempar dong..

12. Melawan arah
‘Gimana hidup mau terarah kalau berkendara aja suka lawan arah.

13. Neduh di bawah terowongan dan underpass

Ini berpotensi bikin jalanan jadi macet. Mendingan siapin jas hujan.

14. Nyenggol spion
Ini pasti dibenci sama pengendara, khususnya mobil. Kalau spionnya rusak, apa mau ganti?

15. Nggak liat spion
Spion 'kan bukan hiasan doang. Pas di jalan, jangan lirik-lirik yang lain. Lihat spion aja biar selalu aman.

16. Lampu putih menyilaukan
Kasian dong sama pengendara dari arah depan. Masak harus pakai kacamata hitam dulu?

17. Mendengarkan musik dengan volume kencang
Dengerin musik pakai earphone jangan terlalu kencang, bisa membahayakan diri sendiri, sob.

Nah, kalau nggak mau darah tinggi dan mau sama-sama enak pas di jalan, mendingan saling menghargai sesama pengguna jalan. [][teks @saesherra | Ilustrasi Rian Saputra]