Ini Alasan Orangutan Harus Diselamatkan
Social

Ini Alasan Orangutan Harus Diselamatkan

by Sherra
Fri, 02-Dec-2016

Orangutan adalah mamalia pemanjat pohon terbesar di dunia. Dan spesies asli hanya ada di dua pulau di Asia Tenggara, yaitu hutan Kalimantan dan Sumatera. Kini mereka kian tergerus karena laju deforestasi. Hutan banyak dibabat dan lahannya dijadikan perkebunan, pertanian, pertambangan, perluasan infrastruktur. Kegiatan manusia ini, baik legal maupun ilegal, itu hanya untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek.

Sedih, orangutan jadi target dalam perdagangan satwa liar. Diperkirakan 1.019 orangutan jadi korban perdagangan ilegal dalam tujuh tahun terakhir. Bahkan orang asli Borneo dan pekerja migran yang datang untuk menebang hutan atau berkebun, kadang memburu dan makan orangutan. Ini semakin menambah ancaman kepunahan mereka.

Apalagi orangutan adalah salah satu binatang dengan tingkat reproduksi rendah. Para betina bereproduksi antara usia 10-15 tahun dan melahirkan sekitar setiap 5 tahun sekali dan hanya melahirkan satu anak, kadang kembar. Kalau nggak cepat bertindak, kita akan kehilangan mereka. Yuk! Kita selamatkan mereka. Kenapa?

1. Kita butuh pohon, begitu pula mereka. Orangutan menjalani hidupnya di pohon-pohon dan membangun sarang di kanopi hutan untuk tidur setiap malam. Deforestasi bisa menghancurkan rumah mereka dan juga ribuan spesies hewan dan tumbuhan di hutan tersebut. Tempat tinggal kamu kalau digusur aja marah 'kan? Gimana dengan mereka, yang bahkan sulit untuk membela diri.

2. Orangutan adalah makhluk yang paling cerdas di planet setelah manusia. Secerdas seorang anak berusia 6 tahun. Bagaimana bisa kita membiarkan mereka punah? Kejamnya lagi, mereka ada yang dipotong dan dibakar hidup-hidup karena dianggap hama pertanian. Ck! Padahal manusia yang menghabisi tempat tinggal mereka dan mengakibatkan kurangnya ketersediaan makanan. Nggak heran dong, kalau banyak orangutan yang terpaksa memasuki ladang, kebun masyarakat bahkan perkebunan kelapa sawit untuk mencari makanan.

3. Semua spesies yang hidup dalam hutan hujan memiliki peranan dalam melestarikan ekosistem. Tapi orangutan adalah kunci utama pelestarian hutan. Tahu nggak? Mereka kadang disebut 'tukang kebun hutan' lho. Saat mereka memakan buah, mereka mengeluarkan bijinya bersama kotorannya. Biji-bji itu menyebar ke tempat yang luas. Kalau jatuh ke tanah subur, biji-biji itu akan tumbuh menjadi pohon baru.

4. Hutan sangat lebat, membuat sinar matahari sulit masuk ke dalamnya. Berkat orangutan lah pohon-pohon kecil di bagian bawah hutan bisa berkembang dan tumbuh. Gini, orangutan membuat sarang untuk tidur dengan cara mematahkan cabang pohon dan memakan daunnya. Itu membuat bagian atas pohon terbuka dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam lantai hutan.

5. Banyak orangutan ditangkap untuk dijadikan binatang peliharaan. BIG NO. Memelihara orangutan sebagai binatang peliharaan di rumah bukanlah tindakan tepat. Mereka adalah salah satu primata terdekat dengan umat manusia karena memiliki kesamaan DNA hingga 96,4%. Karena itu, mereka dan kita mudah untuk saling menyebarkan penyakit. So, mereka layak untuk hidup di habitatnya.

FYI, kerusakan hutan hujan menyebabkan pemanasan global yang lebih parah daripada efek sistem transportasi di dunia. Perlindungan habitat orangutan bisa menguntungkan semua generasi mendatang. Kebayang 'kan bagaimana kalau orangutan punah? Ribuan spesies binatang dan tanaman lainnya di hutan hujan ikut punah. Bumi pun hancur. 

Beberapa cara ini bisa menyelamatkan mereka:

1. Jangan membeli atau memelihara orangutan di rumah. Tempat tinggal orangutan adalah di hutan, bukan di rumah.

2. Ajak orang lain di sekitar kita untuk peduli pada kelestarian orangutan.

3. Jangan beli produk yang berasal dari hutan atau perkebunan kelapa sawit yang nggak dikelola dengan prinsip ramah lingkungan.

4. Batasi dan berhematlah dalam penggunaan kertas. Ini bisa mengurangi penebangan pohon, bahan utama pembuatan kertas.

5. Bantu lembaga-lembaga pelestarian orangutan misalnya dengan berdonasi. Salah satunya WWF.

6. Sebarkan pengetahuan tentang masalah yang dihadapi orangutan dan hutan hujan ke semua orang. Orangutan membutuhkanmu gaes. [][teks @saesherra/berbagai sumber, wwf.or.id | foto @saesherra]