Influence Asia 2017: Influencer Meningkat!
Social

Influence Asia 2017: Influencer Meningkat!

by Sherra
Fri, 17-Feb-2017

Sukses dihelat pertama kalinya di Singapura 2015 lalu, Influence Asia bakal digelar lagi nih Commuters! Pada 6-9 April mendatang dan masih di negara tetangga, Malaysia. Influence Asia 2017 diselenggarakan oleh Gushcloud, perusahaan yang bergerak di bidang influencer marketing dan media.

Buat yang belum tahu, Influence Asia adalah acara penghargaan untuk mengapresiasi para top influencer di media sosial. Mereka adalah para pengguna media sosial yang aktif mengunggah konten kreatif di akunnya. Entah di YouTube atau Instagram. Nah, Influence Asia 2017 bakal mengumpulkan sejumlah 252 Top Social Media Influencer dari 7 negara: Korea, Vietnam, Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Philipina.

Nantinya, mereka bakalan berkompetisi untuk meraih penghargaan terbaik dari 9 kategori: Beauty, Lifestlye, Fashion, Parenting, Food, Health & Fitness, Youtube Channel, Youtube Personality, dan Breakout Influencer. Tujuh influencer terbaik dari setiap negara akan meraih penghargaan “The Influencer of The Year”. Wah, semoga tahun ini ada perwakilan dari Indonesia lagi yang menang ya! FYI, di tahun 2015 Keenan Pearce jadi salah satu "The Influencer of The Year" lho.

Tahun ini, influencer ternama seperti Arief Muhammad dan Chandra Liow masuk nominasi  kategori Youtube Personality and Youtube Channel. Trus ada Etha Mohede dan Cinta Ruhama yang masuk dalam nominasi ketegori Parenting. Kerennya lagi, ada pendatang baru yang kerap dikenal karena konten YouTube dan Instagram mereka, seperti Salshabilaar yang masih berusia 17 tahun, serta Darin Al-Athrus yang masih berusia 15 tahun. Mereka berdua masuk dalam nominasi ketegori Breakout Influencer.

"Kami berharap industri muda ini akan tumbuh menjadi industri yang berkelanjutan, legit, serta profesional. Sepanjang tahun 2016, banyak influencer yang menyampaikan kepada kami, bahwa apa yang mereka kerjakan semakin baik karena penghargaan yang mereka dapatkan pada Influence Asia,” ujar Oddie Randa, Managing Director Gushcloud Indonesia saat Influence Asia Pre Party, Senin, [13/2].

Dan ternyata ya, tahun ini peserta Influence Asia mengalami peningkatan dari tahun 2015 yang ada 180 peserta. Nggak heran sih.. Commuters sadar nggak kalau media sosial kini jadi pilihan untuk bisnis dan merketing? Nah, para influencer inilah yang kini menjadi cara baru untuk mengiklankan suatu brand.

“Target market social media adalah followers dan subscriber berusia sekitar 20-35 tahun. Bisa dibayangkan di tahun 2017, lebih dari 300 juta orang akan mendapatkan impact dari hasil kerja para influencer di South East Asia,” terang Brand Marketing Glico, Bernando Tampubolon. [][teks & foto @saesherra]