Plus Minus Bekerja Paruh Waktu
Social

Plus Minus Bekerja Paruh Waktu

by Intern
Wed, 29-Mar-2017

Banyak orang berlomba-lomba mencari pekerjaan untuk mencukupi semua biaya kebutuhan hidupnya. Nggak cuma pelajar dan mahasiswa yang baru lulus, tetapi juga orang yang sudah pekerjaan tetap pun ingin punya penghasilan tambahan dengan melakoni pekerjaan paruh waktu. Tapi ingat, ada untung dan ruginya ya kalo kamu bekerja paruh waktu. Apa aja ya?

Keuntungan

1. Para pekerja paruh waktu memiliki manajemen waktu yang baik karena pada umumnya dilakukan oleh seseorang yang tidak menggangur.

2. Mendapatan pengalaman dari berbagai bidang. Seringkali, pekerjaan paruh waktu bisa dijadikan sarana untuk pembelajaran/meningkatkan keterampilan baru.

3. Ketergantungan pada pekerjaan berkurang. Memperluas prospek pekerjaan karena tidak tergantung pada pekerjaan tunggal.

Kerugian

1. Dari segi penghasilan, tentunya pekerja paruh waktu sangat berbeda dengan pekerja tetap yang rata-rata gajinya mencapai UMR. Kadang, ada pekerjaan paruh waktu yang penghasilannya tak sesuai dengan kesulitan pekerjaannya.   

2. Pekerjaan paruh waktu juga cenderung bersifat sementara dan sulit diandalkan untuk rencana jangka panjang.


Intinya, untuk menentukan pekerjaan harus dipersiapkan dan dipikirkan matang-matang karena kinerja yang baik pastinya akan dihargai dengan baik juga. [][teks @andiskaraf/ investopedia.com| foto LinkedIn, Molly Mia]