Pesta Pendidikan Merayakan Semangat Belajar
Social

Pesta Pendidikan Merayakan Semangat Belajar

by Pandu
Wed, 03-May-2017

Sebanyak 250 organisasi dan komunitas berkumpul di RPTRA Kalijodo merayakan Pesta Pendidikan [PeKan], seiring Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei.

PeKan adalah momentum perayaan para pegiat pendidikan. Tak cuma merangkul guru, murid, dan orangtua, tetapi juga lingkup yang lebih luas, seperti seniman, musisi, komunitas, serta sejumlah aktivis pendidikan. Tujuannya ialah merayakan semangat pendidikan yang digerakkan beragam kalangan.

Sebab itu ada banyak organisasi yang ikut perayaan. Misalnya saja, Akademi Berbagi, Cerdas Digital, dan Kampus Guru Cikal.

Najeela Shihab sebagai penggagas PeKan mengajak para peserta untuk bergerak memajukan tanpa harus berpangku tangan.

“Kami ingin mengajak publik untuk berdaya di dunia pendidikan secara berkelanjutan,” ungkapnya.

Najeela melanjutkan, kepentingan utama pendidikan adalah anak-anak yang belum mendapat akses pendidikan yang setara. Sepengalaman dia di bidang pendidikan, dia mengatakan, tidak ada anak-anak yang malas membaca, yang ada hanya kekurangan akses untuk mendapatkan bacaan.

PeKan diisi pameran publik, pertunjukan musik dari Tulus, komika tunggal, serta deklarasi publik. Setidaknya ada 100 orang yang ikut meramaikan perayaan. Pada 2017 ini, PeKan masuk tahun keduanya. [][teks @haabib_onta | foto PR