Ini yang Kita Dapat dari Berdonasi
Social

Ini yang Kita Dapat dari Berdonasi

by Sherra
Mon, 29-May-2017

Manusia itu makhluk sosial. Pada akhirnya akan ada waktu saat kita harus membantu orang lain, misalnya berdonasi. Donasi bisa berupa uang, buku, makanan, baju, transfusi darah, atau bahkan waktu. Donasi atau sumbangan bisa dilakukan pribadi atau melalui suatu lembaga. Dan tentu bukan hanya bermanfaat buat mereka yang membutuhkan, tapi juga buat si donatur.

Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Mari mulailah berdonasi, karena ini beberapa manfaatnya:

1. Salah satu manfaat utama saat menyumbangkan waktu atau uang adalah mendapat kesempatan untuk membangun koneksi dengan orang-orang yang bersemangat dan open minded lainnya. Ketika kamu jadi relawan, kamu bisa bertemu orang baru dan bisa saling berbagi pengalaman.

2. Ketika anak melihat kita berdonasi, mereka akan lebih mungkin memiliki mindset untuk berbagi hingga dia dewasa.

3. Sebuah studi di Jerman mengungkapkan banyak bukti bahwa orang-orang yang ikhlas memberi bisa mendapat kepuasan hidup yang lebih besar daripada mereka yang tidak.

4. Kemurahatian bisa mengeluarkan endorphin, yatu senyawa yang bisa meningkatkan rasa tenang, damai, kepuasan, dan rasa syukur yang membantu meredakan ketegangan dan stres.

5. Kita juga bisa memotivasi orangtua atau teman untuk bisa ikut berdonasi. Entah mengajaknya jadi relawan atau mengajak ikut berpartisipasi untuk menyumbangkan sesuatu.

6. Berdonasi juga bisa menambah ilmu. Ya, kamu bakal bisa melihat berbagai perspektif dari berbagai masalah sosial. Misalnya kemiskinan, kelaparan, bencana alam, kesehatan, dan lainnya.

7. Lebih bisa menikmati hidup. Kenapa? Iya, saat kamu mengeluarkan sedikit saja jasa atau materi untuk orang lain, kamu akan bersyukur atas kehidupanmu. Karena masih banyak di luar sana yang nggak seberuntung kamu.

Yang menurut kita hal kecil, tapi jadi hal besar untuk orang lain yang membutuhkan. Apa yang kau tanam, itulah yang kau tuai.. Semoga kebaikanmu dibalas dengan kebaikan juga. [][teks @saesherra | foto pixabay.com]