Modal Pembuka Obrolan
Social

Modal Pembuka Obrolan

by Dewi
Tue, 13-Jun-2017

Commuters, bersyukurlah kalo kamu termasuk orang yang gampang ngobrol dengan orang asing sekalipun. Nah, buat teman-teman kita yang susah banget memulai obrolan, apalagi ada orang yang ditaksir udah lama banget tapi kalo pas deket malah keringat dingin, coba baca-baca yang di bawah ini ya. Lumayan buat modal pembuka obrolan..

Banyak-banyak ngikutin berita, hardnews maupun berita-berita ringan. Yang terjadi di dunia, di Indonesia, sampe di lingkungan tempat kalian berada. Intinya kamu siap ngebahas apa aja. Tapi jangan dimulai dengan gosip ya, salah-salah yang kamu ajak ngobrol tersinggung.

Kalo lagi antre di gerai kopi, mungkin kamu bisa tanya salah satu jenis minuman atau kue yang ada di situ. “Maaf, kamu pernah coba itu nggak? Rasanya kayak apa sih?” Kalo lagi neduh saat hujan deras, mungkin bisa dimulai dengan “Kalo hujan deras gini susah banget ya cari angkutan.” Sebisanya kau laaaah… yang pasti hindari pertanyaan yang jawabannya cuma iya/nggak. Dead end!

Topik-topik lain yang bisa memperpanjang obrolan biasanya soal kegiatan, liburan, impian, dan keluarga. Kamu juga bisa berbagi pengalaman jika ternyata tujuan liburan dia berikutnya kamu udah paham banget.

Saat kamu sudah berhasil membangun sebuah percakapan, jangan egois ya. Kasih kesempatan dia untuk cerita panjang lebar juga dan beri perhatian. Kamu bisa latihan dengan siapa aja. Tukang jualan tempat kamu biasa nongkrong, pak satpam, atau orang yang berdiri di sebelah kamu dalam kereta.

Jangan menahan diri untuk belajar dari ahlinya. Kalo kamu punya teman atau saudara yang bisa banget ngobrol sama siapa aja, perhatikan! Gimana dia memulai dan terus mengembangkan obrolan.

Terakhir, jangan pelit-pelit dengan senyuman dan pujian ya. Tapi jangan diumbar juga sih.. nanti malah kabur orangnya haha.. [][teks @tantedow/brightside.me | foto shutterstock & pinterest]