Pekan ASI Sedunia, AIMI Kirim Surat ke Presiden RI
Social

Pekan ASI Sedunia, AIMI Kirim Surat ke Presiden RI

by Sherra
Mon, 31-Jul-2017

Menyambut Pekan ASI Sedunia yang berlangsung 1-7 Agustus mendatang, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia [AIMI] mengusung tema “Sustaining Breastfeeding Together” untuk menekankan dukungan berbagai pihak untuk mencapai kesuksesan menyusui.

Demi meningkatkan angka menyusui di Indonesia, AIMI terus berusaha untuk mendukung keberhasilan ibu menyusui dengan bekerjasama baik dengan pemerintah maupun dengan masyarakat luas tanpa adanya konflik kepentingan. Mengingat masih digencarkan promosi produk pengganti ASI untuk bayi dan anak berusia di bawah 6 bulan dan 3 tahun yang dilakukan perusahaan-perusahaan melalui berbagai seminar, salah satunya tentang pentingnya pemberian ASI.

"Di sinilah kami sampaikan tentang konflik kepentingan ini, banyak pihak yang belum mengerti. Banyak produk yang mengklaim baik untuk anak. Apalagi petugas kesehatan seharusnya tidak meng-endorse, tidak terlibat dalam acara yang dibuat atau disponsori oleh perusahaan produk pengganti asi," ujar Farahdibha Tenrilemba, Sekretaris Jenderal AIMI di FX Sudirman, Jakarta, Kamis [27/7].

Senada dengan hal tersebut, Candra Wijaya, Anggota Presidium Gerakan Kesehatan Ibu dan Anak [GKIA], memaparkan regulasi dan sanksi dari pemerintah terhadap dunia usaha berperanan besar dalam meredam konflik kepentingan seputar menyusui.

Candra menuturkan bahwa GKIA telah mengirim surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo perihal pencantuman pelarangan iklan produk pangan yang diperuntukkan bagi bayi dan anak sampai usia 3 tahun dalam Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Label dan Iklan Pangan [RPP LIP] agar cepat disahkan.

“Saat ini masih ditarik ulur. Padahal hal ini telah menjadi rekomendasi Sidang Kesehatan Dunia ke-69 [Resolusi WHA. 69.9] 2016 yang menyerukan negara-negara anggota untuk mengakhiri promosi yang tidak bertanggung jawab dari produk makanan bayi dan anak usia di bawah 3 tahun,” lanjut Candra. [][teks & foto @saesherra]