Keuntungan Jadi Freelancer
Social

Keuntungan Jadi Freelancer

by Dewi
Thu, 09-Nov-2017

Commuters, status kerja itu ada dua, full time [kantoran] atau part time [freelance]. Kalo kamu nyaman dengan menjadi karyawan, berambisi mencapai puncak dalam sebuah struktur, maka kerja full time cocok buat kamu. Tapi kalo kamu termasuk yang susah bangun pagi setiap hari, nggak betah tiap hari duduk di kantor, nggak terlalu suka diperintah atasan, mungkin kerja part time jawabannya.

Berikut ini ada beberapa keuntungan bila kamu kerja part time dari rumah. Untuk yang masih menimbang-nimbang, semoga bisa membantu ya.

Pengeluaran lebih kecil.

Kalo kamu kerja kantoran pasti butuh ongkos, uang makan, dan uang ngemil. Belum lagi pas pulang kerja ada ajakan teman untuk nonton atau hangout. Kalo kerja di rumah kan nggak pake ongkos, makan udah ada di rumah, dan nggak ada godaan buat kongkow-kongkow.

Punya waktu bermain!

Siapa yang nggak mau? Tapi syaratnya kamu harus tertib dengan jadwal kerja yang kamu buat, jangan sampe banyakan mainnya daripada kerja. Yang ada, deadline lewat terus nanti.

Nggak perlu mati bosan karena rutinitas.

Kalo kerja kantoran pasti sudah template. Bangun pagi, mandi, sarapan, berangkat, kerja, pulang, mandi, makan, tidur. Kalo kerja di rumah, rutinitas bisa dibelok-belok. Misalnya karena semalam sudah begadang, paginya boleh tidur lebih lama.. Atau kerja nggak harus mandi dulu.

Lebih banyak pekerjaan selesai dalam sehari.

Karena kamu fokus pada pekerjaanmu, tanpa diganggu telepon atau email atau meeting, maka jumlah pekerjaan yang bisa diselesaikan pasti akan lebih banyak.

Yang terakhir, menjadi gemuk.

Buat kamu yang selama ini susah gemuk, bekerja di rumah artinya makanan yang kamu konsumsi nggak akan “terbuang” akibat energi terkuras dalam perjalanan maupun akibat stres yang banyak dialami para karyawan. Jadi cita-citamu menjadi gemuk pasti tercapai. Buat yang nggak kepengin gemuk, ya gunakanlah waktu kosongmu untuk berolahraga lebih banyak.

Oya, jangan lupa untuk membuat pembukuan. Tanya-tanya sama teman yang lebih paham soal ini. Nggak mau kan uang hasil kerja kerasmu menguap begitu aja? Pos penting yang wajib ada sebagai freelance antara lain asuransi kesehatan dan tabungan pensiun.

Gimana, asik kan? Sekarang tinggal cari tau apa minat terbesarmu, pertajam keahlianmu, perluas network. Setelah itu, cuss lah freelance! [][teks @tantedow/creativebloq.com | foto thepennyhoarder.com & upwork.com]