}
Antisipasi Pelecehan Seksual di KRL
Social

Antisipasi Pelecehan Seksual di KRL

by Hagi
Tue, 19-Dec-2017

Commuters pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan di KRL? Terinjak atau terdorong orang lain, misalnya. Atau terpaksa cekcok karena rebutan tempat duduk? Mungkin itu tak separah kejadian yang baru-baru ini sedang jadi pemberitaan di banyak media: Pelecehan Seksual.

Duh, pasti nggak enak banget kalo jadi korban. Dan pasti serba salah juga kalo jadi saksi kejadian tak senonoh itu. Lalu, apa yang bisa kita lakukan andai kita jadi korban, atau jadi saksi pelecehan seksual di KRL atau di kendaraan umum?

Korban

» Selalu waspada dengan keadaan di sekitar kita. Jangan selalu terpaku ke henpon, buku, atau terlalu asik ngobrol dengan teman.

» Jika mulai merasa ada yang tak beres dengan tubuhmu, misalnya ada bagian tubuh orang lain menempel ke badanmu, dan lalu tergesek-gesek, cobalah untuk bergeser sedikit, agar tak terjadi sentuhan.

» Jika benar kamu menjadi korban pelecehan seksual, tegurlah dengan tegas si pelaku, lalu menjauhlah dari dia.

» Laporlah kepada petugas keamanan.

» Tidak perlu memfoto si pelaku karena bisa mengundang pertengkaran. Mengambil foto tanpa izin, apapun alasannya tidak dapat dibenarkan.

» Boleh juga ditiru aksi penumpang ini.

Saksi

» Tegurlah langsung sang pelaku dan ajaklah sang korban menjauh dari si pelaku.

» Laporkan ke petugas keamanan, agar si pelaku ditindak.

» Jika petugas keamanan tak ada di sekitar, berteriaklah. Buat agar si pelaku takut.

» Menjauhlah dari si pelaku, pindah gerbong, atau turun di stasiun terdekat. Pastikan tempatnya tidak sepi sehingga meminimalkan keadaan yang tak diinginkan. []