}
Manfaat Self-Knowledge
Social

Manfaat Self-Knowledge

by Pohan
Sat, 14-Apr-2018

Self-Knowledge atau pengetahuan diri adalah istilah yang digunakan dalam psikologi ketika seseorang menemukan jawaban “Apa yang saya suka?”. Inilah manfaat self-knowledge:

1. Kebahagiaan

Kamu akan lebih bahagia ketika bisa mengekspresikan diri. Mengekspresikan keinginan untuk mendapatkan yang kamu inginkan.

2. Mempertipis konflik batin

Ketika  yang kamu lakukan sesuai dengan perasaan dan nilai yang datang dari dalam diri kamu, tentu kamu akan mengalami lebih sedikit konflik batin.

3. Mengambil keputusan yang lebih baik

Ketika kamu mengenal diri sendiri, kamu bisa membuat pilihan yang lebih baik tentang apapun, mulai dari keputusan kecil, seperti baju yang akan kamu beli hingga keputusan besar, seperti urusan pekerjaan. Kamu akan memiliki panduan untuk menyelesaikan berbagai masalah kehidupan.

4. Kontrol diri

Ketika kamu mengenal diri sendiri, kamu memahami sesuatu  yang memotivasimu  untuk mencegah kebiasaan buruk dan mengembangkan kebiasaan yang baik. Kamu akan memiliki wawasan untuk mengetahui nilai dan sasaran sesuai, yang mengaktifkan tekad.

5. Perlawanan terhadap tekanan sosial

Ketika kamu mempunyai alasan pada sebuah nilai dan preferensi, kamu cenderung mengatakan “ya” ketika kamu ingin mengatakan “tidak”.

6. Toleransi dan pengertian

Kesadaranmu akan kelemahanmu dan perjuanganmu sendiri itu bisa membantu kamu berempati dengan orang lain.

7. Vitalitas dan kesenangan

Menjadi diri kamu yang sesungguhnya membantumu merasa lebih hidup dan membuat pengalaman hidupmu lebih kaya, lebih besar, dan lebih menarik. [][teks @pohanpow | foto dok. Sott, createharmony.co.uk]