Bahagia dengan Pengalaman
Social

Bahagia dengan Pengalaman

by Sherra
Fri, 03-Jul-2015

Kalau kamu punya banyak uang, akan dipakai untuk apa? Sekarang ini, kamu bisa menggunakan uang untuk banyak hal. Misalnya aja: rumah, mobil, gadget, belanja, atau makan-makan. Memang, barang-barang itu bisa bikin happy. Tapi ingat lho, itu cuma memuaskan sesaat aja. Beda sama pengalaman. Selain bisa mengajarkanmu banyak hal, pengalaman bisa memberikanmu kesenangan yang nggak akan luntur oleh waktu. Nggak percaya?

1. Nggak ternilai

Coba kamu bayangkan, lebih asyik membeli gadget berjuta-juta atau jalan-jalan ke banyak tempat dengan budget yang sama? Pengalaman nggak akan ternilai! Banyak yang bisa kamu dapat saat jalan-jalan. Sedangkan gadget? Nggak ada apa-apanya dibanding pelajaran yang kamu dapat dari pengalaman.

2. Menemukan tujuan dan kemauanmu

Pengalaman nggak mesti mahal. Begitu juga tujuan dan keinginan terbesarmu. Misalnya, kamu tertuju pada olahraga. Nah kamu bisa menghabiskan uang untuk mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan itu atau menghadiri acara olahraga. Pelajarilah soal industri olahraga kalau kamu yakin itu tujuanmu. Pengalaman bisa bantu membentuk hidup menjadi lebih terarah.

3. Memberikan sudut pandang lain

Mungkin nggak ada yang lebih baik untuk mempelajari perspektif duniawi selain traveling. Cuma itu cara terbaik untuk mendapatkan pengalaman soal norma dan budaya yang berbeda, yang nggak bakalan didapat di bangku sekolah. Nggak mesti jauh-jauh kok, kamu bisa pakai uangmu untuk sekedar mengunjungi alam yang bisa menenangkan jiwamu selama akhir pekan.

4. Mengajarkan pelajaran hidup

Contohnya aja nih, kamu pergi ke tempat baru dengan budaya yang berbeda. Pastinya kamu akan belajar soal kesabaran, penerimaan, pengertian, sama seperti dalam organisasi. Saat kamu memutuskan untuk pergi ke pertunjukkan seni, museum, atau pameran, kamu bisa menemukan informasi dari sejarah. Bisa juga kamu belajar soal pengorbanan dan komitmen dari seorang atlet saat menghadiri acara olahraga.

5. Mengajarkan untuk bersyukur

Manusia memang nggak akan pernah puas dan bahagia kecuali mereka bersyukur. Pengalaman mengajarkanmu rasa syukur. Misalnya aja, ketika kamu merasa senang karena bisa menonton konser dan nonton film di bioskop. Ingatlah, nggak semua orang bisa merasakan yang kamu nikmati saat itu.

6. Memori tak terlupakan

Bukan cuma soal harta yang bisa diinvestasikan, tapi juga pengalaman. Bahagia itu soal cara kamu menikmati momen-momen berharga. Pernah dengar soal “biar bisa diceritain ke anak cucu, sob!”. Nah, nantinya kamu bisa bernostalgia dengan menceritakan soal pengalamanmu pada keturunanmu kelak. Mungkin aja nanti mereka mengikuti langkahmu.

7. Menjadi sebuah tantangan

Pengalaman pasti akan menginspirasimu untuk melakukan sesuatu. Mendaki gunung, misalnya. Itu merupakan suatu pengalaman yang nggak akan terlupakan karena kamu dipaksa untuk mengatasi sebuah tantangan fisik dan mental yang akhirnya menginspirasi orang lain dan dirimu sendiri. Dalam hati kamu akan bilang “gue akan kuat dan pasti bisa!”. Itu kunci untuk memotivasimu untuk mendapatkan kepuasan dan menggali potensi dalam diri.

8. Mau hidup dengan pengalaman atau datar aja?

Nggak usah takut untuk menyisihkan uang demi mendapat pengalaman yang memang cocok untuk dirimu dan hidupmu. Kamu akan sadar bahwa uang yang disimpan ternyata bisa lebih berarti saat kamu menggunakannya untuk mencari pengalaman demi kebahagiaan.

Isilah hidupmu dengan melakukan hal baru. Mungkin ada berarti, ada juga yang nggak berarti apa-apa, dan mungkin ada juga yang akan ‘mahal’ namun memberikanmu banyak kenangan dan pelajaran hidup. Ingat, barang-barang itu terbatas, sedangkan pengalaman nggak akan membatasi rasa senang! [][teks @saesherra/lifehack | foto davidji.com, hit-day.com]