Lawan Stres dengan Mewarnai
Social

Lawan Stres dengan Mewarnai

by Sherra
Fri, 24-Jul-2015

Mewarnai memang akrab dengan dunia anak-anak. Kegiatan ini bisa melatih kreativitas dan sensor motorik halus mereka. Setelah anak tumbuh besar, biasanya mereka mengabaikan pensil warna atau crayon dan lebih sering menggunakan alat tulis seperti pulpen atau pensil. Walaupun begitu, ternyata mewarnai sangat penting untuk orang dewasa lho. Salah satunya bisa untuk kurangi stress!

Kegiatan mewarnai bisa menghasilkan kesehatan, ketenangan dan juga merangsang otak, keterampilan motorik, indra dan kreativitas. Nggak heran, di negara-negara Eropa dan Amerika Utara, banyak penerbit yang mengeluarkan buku mewarnai khusus orang dewasa.

“Mewarnai bisa mengaktifkan dari dua belahan otak. Aktivitas ini melibatkan logika dan kreativitas. Terutama saat mencampurkan dan mencocokkan warna”, jelas psikolog Gloria Martínez Ayala, dikutip dari Huffingtonpost.

Relaksasi dengan mewarnai bisa menurunkan aktivitas amigdala,yakni bagian otak yang berperan terhadap reaksi emosi yang dipengaruhi stres. Mewarnai bisa mengurangi stres. Pasalnya, saat seseorang mewarnai, otak fokus pada kegiatan itu dan nggak memikirkan soal masalah dan kekuatiran.

Ayala menyarankan, aktivitas mewarnai bisa dilakukan orang dewasa sebagai teknik relaksasi dan membuat otak lebih kreatif. Selain itu, mewarnai bisa menunjukkan sesuatu yang sedang dirasakan dengan pilihan warna yang dipilih sesuai suasana hati. [][teks @saesherra/huffingtonpost | foto Corbis]