Siapkan Ini Pasca Belajar di Luar Negeri
Social

Siapkan Ini Pasca Belajar di Luar Negeri

by Pohan
Tue, 04-Aug-2015

Sebelum berangkat studi ke luar negeri, calon mahasiswa harus mempersiapkan mental. Nggak jarang lho, banyak yang mengalami culture shock setibanya di sana. Penyebabnya macam-macam, salah satunya sulit berinteraksi dengan lingkungan.

Ternyata setelah kembali pulang belajar di luar negeri, mereka harus mempersiapkan sesuatu karena kemungkinan besar banyak perubahan yang terjadi.

Berikut saran bagi orang-orang yang kembali dari belajar di luar negeri:

1. Salah satu hal yang paling sulit itu mengurangi harapan kamu terhadap realitas kehidupan. Kamu jangan pernah membanding-bandingkan luar negeri dengan negara kamu berasal. Semua tidak akan dan harus sama.

2. Tidak semua orang benar-benar tertarik dengan ceritamu ketika di luar negeri, sebagian hanya berusaha beramah tamah. Kamu tetap tanggapi aja pertanyaan-pertanyaan mereka dengan baik.

3. Pulang belajar dari luar negeri, pasti kamu mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru. Jangan menyia-nyiakan waktumu selama di sini untuk menganggur. Jadikan pengalaman menjadi sesuatu yang produktif.

4. Budaya Barat dan Timur sudah jelas berbeda. Meski begitu, kamu tetap bisa mengambil sisi positif budaya luar. Jangan mengubah kebiasaan baik, misalnya, kamu sudah terbiasa on-time saat temu janji dengan seseorang.

Yang pasti belajar di luar negeri akan memberikan kamu perspektif lain tentang dunia di luar sana. Bersiaplah untuk menghadapi realita dan gunakan pengalaman itu sebagai pembelajaran untuk masa depan. [][teks @pohanpow | foto wxxinews.org, gov.pe.ca]