Manfaat Pole Dance bagi Kesehatan
Sport

Manfaat Pole Dance bagi Kesehatan

by Pohan
Thu, 22-Oct-2015

Pole dance atau dalam bahasa Indonesia disebut tari tiang adalah bentuk seni pertunjukan yang menggabungkan tari dan senam. Pada tahun 1920, pole dance menghiasi perjalanan sirkus dan pertunjukan-pertunjukan dengan menancapkan tiang di tengah-tengah tenda.

Sampai akhirnya pole dance beralih dari tenda ke bar, dan dikombinasikan dengan Tarian Burlesque. Pole dance sendiri mulai berkembang sejak performa Belle Jangles di Mugwump Strip Club, Oregon pada tahun 1968.

Meskipun sering terlihat di klub strip, banyak orang menganggap pole dance sebagai bentuk latihan. Tiang pole dance di Amerika Serikat biasanya berdiameter 5 cm [2 inci], yang memungkinkan untuk mencengkeram tiang secara nyaman dengan satu tangan. Di Asia, biasanya berdiameter 4,5 cm atau kurang.

Kamu yang tertarik dengan pole dance bisa bergabung deng International Pole Dance Association. Cek informasinya di sini.

Berikut manfaat pole dance bagi kesehatan:

» Membakar kalori yang berlebihan. Kombinasi latihan isometrik dan kardiovaskular.

» Pole dance dapat meredakan stres, baik untuk kesehatan psikologis dan emosional.

» Wanita rentan terkena osteoporosis. Melakukan pole dance bisa menguatkan otot tangan.

» Baik untuk jantung dan aliran darah karena semua otot bergerak saat melakukan pole dance.

» Mengatur keseimbangan dan mengembangkan kesadaran kinestetik [kemampuan otak].

» Gerakan peregangan pole dance secara signifikan meningkatkan kelenturan tubuh.

» Membuat punggung dan otot perut kuat selama kehamilan setelah rutin melakukan pole dance. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto fitnesskites.com, poleworldnews.com]