Olahraga di Bawah Hujan? Bagus Lho..
Sport

Olahraga di Bawah Hujan? Bagus Lho..

by Sherra
Mon, 23-Nov-2015

Olahraga memang sebaiknya rutin. Entah itu di indoor maupun outdoor. Tapi kini musim kemarau udah mulai bergeser ke musim penghujan. Trus, gimana dong kalau mau olahraga?

Sebuah penelitian di Jepang menerbitkan jurnal internasional Sport Medicine. Di jurnal tersebut, mereka menganalisis perubahan metabolisme tubuh saat orang berlari di lingkungan laboratorium dengan simulasi hujan.

Para ilmuwan menemukan bahwa orang yang berlari pada situasi hujan mengonsumsi kadar oksigen lebih tinggi dari orang yang berlari dalam cuaca normal. Hal tersebut membuktikan bahwa lebih banyak kalori yang dibakar ketika berlari saat hujan.

Nah, studi terbaru ini tambah menguatkan sebuah studi tahun 1985 yang menyatakan berlari di lingkungan dingin atau basah bisa menghilangkan lemak lebih banyak daripada berlari di situasi kering dan hangat.

Jadi, suhu dingin tersebut bisa mengurangi suhu badan dan menjadi lebih segar. Akhirnya, kamu pun bisa berolahraga lebih lama daripada berolahraga di bawah sinar matahari.

Tips Berolahraga Saat Hujan

1. Tentu aja, olahraga di luar dengan hujan dan bersuhu dingin harus berhati-hati. Jalanan akan basah dan licin.

2. Kalau hujan masih deras dan banyak petir, tunggulah sampai agak reda. Lumayan sakit kalau air hujan kena wajah. 

3. Pintar-pintarlah memilih perlengkapan olahraga yang mendukung. Misalnya, bersepeda pastikan ban sepeda nggak licin. Kalau berlari, tentu saja sepatu anti licin, ringan, dan kuat.

4. Saat hujan, penglihatan bakalan berkurang. Kamu harus bisa melihat dan juga dilihat. Pakailah pakaian berwarna cerah atau reflektif dan bisa memberikan cahaya.

5. Pastikan pakaian kamu mendukung untuk berolahraga di kala hujan mengguyur. Pilih jaket ringan dan bisa membuat kulit bernapas.

6. Pakai celana yang berbahan cepat kering. Nggak mau 'kan kalau rasanya seperti menyeret orang di kaki?

7. Gantilah pakaian segera setelah kamu sampai di rumah untuk mengembalikan suhu tubuh dan terhindar dari masalah kulit.

8. Pakai topi supaya hujan nggak netes ke wajah dan juga mata.

9. Simpan gadget dalam case yang tahan air. Kalau hape udah waterproof sih, tenang aja..

10. Pilih tempat berolahraga yang aman dan jarang kendaraan lewat.

11. Kalaupun mau olahraga indoor, kamu bisa melakukan threadmill, sit up, atau push up, renang di kolam indoor, atau cycling indoor.

Jadi, jangan tarik selimut kalau hujan, langsung ambil peralatan olahragamu! [][teks @saesherra/ berbagai sumber | foto imgbuddy/popsugar]