Rio Haryanto Siap Berlaga di F1
Sport

Rio Haryanto Siap Berlaga di F1

by Yogira
Fri, 18-Dec-2015

Setelah sempat terkatung-katung masalah dana, akhirnya pebalap kebanggan Indonesia, Rio Haryanto mendapatkan jaminan bisa berlaga di ajang Formula 1 [F1].

Sampai sejauh ini, Rio Haryanto mengukir prestasi di level balapan Formula 2 [F2]. Dia memulai debutnya pada 2012 bersama Carlin GP2 Team. Pada tahun yang sama, Rio sempat mencoba mobil F1 dari Marussia Team, dengan menuntaskan 79 lap di sirkuit Silverstone, Inggris. Dengan demikian, Rio adalah orang Indonesia pertama yang memenuhi syarat lisensi FIA agar dia bisa berpeluang jadi pebalap F1.

Perjuangan Rio di F2 terus berlanjut. Tahun 2013 ia bergabung dengan Addax Team. Namun hasilnya tak memuaskan sehingga Rio pindah ke tim Caterham pada tahun 2014.

Baru pada tahun 2015, kemampuan Rio semakin terasah ketika bergabung dengan Campos Racing. Dia bisa naik podium ke-2 Feature Race, Bahrain.Tak lama setelah itu, Rio berhasil menjuarai Sprint Race GP2 di Austria meski sayap mobilnya mengalami kerusakan.

Baru-baru ini, pada 1 Desember, Rio kembali menjalani uji coba F1, di Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi. Saat itu dia bersama tim Manor Marussia. Ternyata, performa Rio menarik perhatian Stephen Fitzpatrick, sang pemilik Manor. Saat itu dengan mobilnya, Rio mengalahkan saingannya, Jordan King. Sejak itulah, peluang Rio bergabung dengan tim F1 Manor Marussia semakin terbuka lebar. Mereka menawarkan pebalap asal solo ini bergabung tahun 2016.

Namun impian Rio agar bisa berlaga di F1 terkendala masalah biaya. Dia membutuhkan dana 15 juta euro atau sekitar Rp. 231 miliar sebagai mahar bergabung dengan Manor. Maka, manajemen Rio Haryanto pun berjuang keras agar mendapatkan dana tambahan. Maklum, sponsor Rio selama ini, PT Pertamina hanya sanggup menyuntikan dana 5 juta euro [sekitar Rp. 75 miliar]. Artinya, Rio butuh sekitar 10 juta euro lagi.

Rio nyaris gagal memenuhi deadline pembayaran uang mahar itu. Untung saja, pemerintah melalui Kemenpora menjamin bahwa Rio bakal tampil di F1 tahun depan. Menteri Kemenpora, Imam Nahrawi secara resmi memberikan surat jaminan bahwa sisa uang kekurangan bakal dipenuhi hingga tahun 2016. Pihak Manor Marussia pun menyepakatinya sehingga Rio dipastikan bisa tampil di F1 tahun 2016. Selamat Rio. Indonesia harum dengan prestasimu. [][teks @firza/berbagai sumber | foto jakartaforum.org, rioharyanto.com]