Lionel Messi Kembali ‘Guncang’ Sepakbola Dunia
Sport

Lionel Messi Kembali ‘Guncang’ Sepakbola Dunia

by Yogira
Wed, 13-Jan-2016

Lionel Messi kembali mengguncang sepakbola dunia. Untuk kelima kalinya, dia terpilih lagi sebagai pemain sepakbola terbaik di planet Bumi ini, melalui gelar FIFA Ballon d'Or 2015, yang pengumumannya di Zurich, Swiss, Senin [11/01/2016] alias Selasa dinihari WIB. Artinya, tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015 adalah momen membanggakan dirinya sepanjang karier sepakbolanya. Peluang Messi sebagai pemain terbaik pada masa mendatang  masih terbuka, mengingat usia masih berusia 28 tahun.

Melalui voting anggota FIFA, Messi mendapatkan suara 41,33 persen, melampui raihan suara Cristiano Ronaldo [27,76 persen], dan Neymar [7,86 persen]. Terpilihya Messi sebagai pemain terbaik berkat kontribusinya yang menawan di Liga Spanyol, Liga Champion Eropa, Piala Super Eropa, fan Piala Dunia Antarklub 2015. Meski begitu, Messi terbilang gagal bersama tim nasionalnya, Argentina.

“Aku ingin menuntaskan karierku di rumah sendiri, dan rumahku adalah Barça [Barcelona-red]. Tujuan saya adalah adalah mengakhiri karier di tempat sama mulai di Barcelona,” terang Lionel Messi, seperti yang dikutip CNN.com.

Banyak yang menanggapi prestasi Messi sebagai pemain terbaik tahun ini dinilai luar biasa. Maklum, nyaris Messi nggak bisa tertandingi selain oleh Ronaldo. Tak heran, pemain yang dijuluki “La Pulga” [kutu loncat ini] mendapatkan banyak pujian dari banyak pemain dan fansnya. Bahkan sempat satu orang menyebut bahwa Messi adalah alien dari planet lain karena kemampuannya di atas rata-rata.

Selain untuk pemain terbaik, FIFA pun mengumumkan untuk hasil lainnya. Berikut adalah daftarnya.

Pemain Terbaik Dunia 2015: Lionel Messi
Pemain Wanita Terbaik 2015: Carli Lloyd
Pelatih Terbaik 2015: Luis Enrique
Pelatih Terbaik Tim Wanita Terbaik 2015: Jill Ellis
FIFA Fair Play 2015: Gerald Asamoah
Gol Terbaik: Wendell Lira
FIFPro World XI: Manuel Neuer, Marcelo, Thiago Silva, Sergio Ramos, Dani Alves, Andres Iniesta, Luka Modric, Paul Pogba, Cristiano Ronaldo, Neymar, Lionel Messi. [][teks @firza/CNN, berbagai sumber | foto espnfc.com, independent.co.uk]