Lokasi Surfing di Sumatera
Sport

Lokasi Surfing di Sumatera

by Pandu
Thu, 18-Feb-2016

Peselancar lokal dan internasional mulai melancong ke penjuru Nusantara. Demi mencari alternatif ombak selain Bali. Faktanya, Bali sudah terlalu penuh oleh peselancar, pro maupun pemula. Beberapa peselancar ingin beselancar bebas tanpa perlu ‘berdesakan’ di lautan.

Sumatera sebagai salah satu pulau besar, mulai dilirik, dijelajah dan dijajal ombaknya. Salah satu yang terunik, Sungai Kampar, yang di Google disebut Seven Ghost River karena gelombangnya yang besar. Ini yang membuat Sungai Kampar layak dipakai untuk selancar.

Sementara di lepas pantai, ada 24 lokasi yang masih sepi untuk selancar. Kami pilih yang sudah familiar. Sisanya temukan sendiri. Berani jajal? Langsung ke sini aja!

1. Drews Right AKA Jennys, Lampung

Sangat disarankan untuk peselancar level advance. Ombaknya bertipe reef break dengan bagian dasar air terumbu karang. Pantai ini masih sepi.

2. Krui, Lampung

Paling sering dituju jika ke Sumatera. Lumayan ramai oleh peselancar, dengan ombak sedang bertipe point break.

3. Pantai Pasir Putih, Padang

Ombaknya bagus, tanpa karang di dasar air. Tapi ada ubur-ubur yang bisa mengancam. Spot ini kadang juga ramai karena aksesnya yang mudah.

4. Pantai Mandiri, Lampung

Lokasinya nggak jauh dari Krui. Tapi pantai ini selalu sepi. Ombaknya bagus dengan tipe beach break. Cocok untuk intermediate surfer.

5. Macaronis, Mentawai

Seperti skate park, pantai ini termasuk ramai. Area yang cocok bagi peselancar yang mau naik kelas dari intermediate jadi pro surfer.

6. Bengs Bengs, Mentawai

Paling aman dan dalam di antara pantai lainnya. Ombaknya bertipe reef break. Lumayan ramai tapi tidak sampai padat merayap. [][teks @Haabibonta/berbagai sumber | foto mentawaisurfcats.com]