Sekilas Sejarah Ping Pong
Sport

Sekilas Sejarah Ping Pong

by Yogira
Tue, 22-Mar-2016

Siapa sih yang nggak tahu ping pong? Olahraga ini populer seantero dunia. Boleh dibilang, inilah “olahraga rumahan” karena bisa dipasang di garasi atau teras rumah. Meski sudah populer, tentu masih banyak yang belum tahu sejarahnya. Olahraga rekreatif ini ternyata sudah ada sejak abad ke-19.

Nama “ping pong” sebenarnya nama resmi yang dipakai orang Tionghoa dari kata  "pingpang qiu". Namun, awalnya berasal dari Inggris. Maka disebut “table tennis” [tenis meja].

Di Inggris, tenis meja disebut juga “whiff-whaff". Semula permainannya di atas meja makan dengan menggunakan sebaris buku sebagai net dan bolanya terbuat dari gabus.

Menurut sejarahnya, orang Inggris dari kalangan atas yang awalnya bermain tenis meja. Mereka melakukannya setelah makan malam.  Kemudian tentara Inggris mengembangkan olahraga indoor ini di India dan Afrika Selatan sebagai aktivitas sewaktu senggang.

Awal tahun 1900-an tenis meja sempat dilarang di Uni Sovyet [Rusia] karena dianggap berefek jelek pada penglihatan pemain. Tapi di Amerika justru ping pong populer saat itu.

Tahun 1901, James W Gibb menciptakan bola ping pong dari bahan seluloid. Lalu pada tahun yang sama E.C. Good menciptakan raket versi modern berbahan karet.

Ping pong kian populer, maka dibentuklah Asosiasi Tenis Meja [TTA] di Inggris tahun 1921, yang lantas diikuti pendirian Federasi Tenis Meja Internasional [ITTF] tahun 1926.  Pada tahun 1926 pula, ITTF untuk pertama kalinya menyelenggarakan turnamen tenis meja resmi tingkat dunia dan memilih London sebagai tuan rumahnya.

Tahun 1950-an, raket tenis meja diperbaharui lagi. Raket kayunya menggunakan spons sebagai lapisan dasarnya dan ditambahkan lembaran karet.

Meski tenis meja terbilang usianya sudah tua, ternyata olahraga ini baru diperkenalkan sebagai cabang olahraga Olimpiade pada tahun 1988.

Di Indonesia, ping pong dikenal sejak tahun 1930. Tahun 1939, terbentuklah  Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia [PPPSI], tahun 1958 diubah jadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia [PTMSI]. [][teks @firza/berbagai sumber | foto wikimedia.org, killerspin.com]