Banyuwangi Punya Sirkuit BMX Standar Internasional
Sport

Banyuwangi Punya Sirkuit BMX Standar Internasional

by Dedi
Fri, 15-Apr-2016

Indonesia kini memiliki sirkuit BMX yang memenuhi standar Asosiasi Balap Sepeda Internasional [Union Cycliste International/UCI]. Memang sejauh ini, tidak banyak sirkuit khusus BMX tersedia di Indonesia. Saat ini baru ada tiga buah, di Siak [Riau], Yogyakarta, dan yang terbaru di Muncar, Banyuwangi.


Sirkuit BMX Muncar adalah milik Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang mulai dibangun 2015 di atas lahan seluas dua hektar.

Sirkuit berstandar internasional ini memiliki lintasan sepanjang 350 meter dan 17 lompatan [jump] dengan ketinggian dan sudut kemiringan yang bervariasi.

Sirkuit Muncar sempat menjadi tuan rumah pagelaran kalender UCI, Banyuwangi International BMX Competition 2016 pada 2-3 April lalu.  Event internasional ini diikuti oleh 328 peserta berbagai negara, di antaranya Swiss, Malaysia, Thailand, Denmark, Australia, dan Jepang.

Di event itu, atlet BMX putri Indonesia Elga Kharisma Novanda berhasil meraih gelar juara nomor Women Elite, putaran pertama  sedangkan di posisi kedua diraih oleh Regina Patricia Panie dari Nusa Tenggara Barat [NTB] dan Cupi Novianti asal Jawa Barat [Jabar].

Elga mengakui cukup sulit menaklukkan Sirkuit Muncar. "Track-nya menantang, memang salah satu terbaik di Indonesia," tutur Elga.


Sedang di nomor bergengsi Men Elite, gelar juara dimenangkan oleh pembalap  Denmark, Jimmi Therkelsen. Sayangnya, atlet putra BMX Indonesia, Tony Syarifudin dan Rio Akbar harus puas finish di peringkat kedua dan ketiga.
[][teks @dd_sarwono/detik.com, kompas.com | foto berbagai sumber]